Panitia Surabaya Marathon Akan Tanggung Jawab Semua Korban

Minggu, 04 Agustus 2019 - 19:53 WIB
Panitia Surabaya Marathon Akan Tanggung Jawab Semua Korban
Semua biaya yang dikeluarkan keluarga korban dalam event Surabaya Marathon harus menjadi tanggung jawab panitia. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Meninggalnya peserta Surabaya Marathon menjadi preseden bagi even tahunan yang digelar di Kota Pahlawan ini. Semua beban administrasi harus menjadi tanggungjawab panitia.

Kepala bagian (Kabag) Humas Pemkot Surabaya M Fikser mengatakan, semua biaya yang dikeluarkan keluarga korban harus menjadi tanggung jawab panitia. Termasuk seluruh biaya administrasi yang ditimbulkan atas kejadian ini, nantinya akan ditanggung oleh panitia.

Ke depan, kata dia, panitia akan kembali melakukan evaluasi-evaluasi, terutama terkait kesiapan para pelari sebelum mengikuti event tahunan ini. “Tentunya panitia akan melakukan evaluasi-evaluasi, terutama bagi (kesehatan) para pelari. Tapi memang selama ini verifikasi sudah dilakukan, sebelum mendapatkan nomor peserta,” kata Fikser, Minggu (4/8/2019).

Kepala Instalasi PKRS dan Humas RSUD dr Soetomo Surabaya dr Pesta Parulian mengatakan, seharusnya memang ada screening peserta yang dilakukan secara ketat oleh panitia Surabaya Marathon.

Screening ini, kata dia, menjadi modal utama panitia penyelenggara untuk mengetahui kondisi kesehatan peserta, termasuk juga riwayat penyakit peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Cara ini bisa menjadi bekal berharga bagi panitia untuk memahami kondisi kesehatan peserta. Jika fisik prima peserta bisa mengikuti nomor Full Marathon atau Half Marathon. “Namun, jika kondisi kesehatan dan tubuhnya kurang prima panitia boleh melarang calon peserta jika ingin mengikuti nomor Full Marathon atau Half Marathon,” kata dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8486 seconds (0.1#10.140)