US Navy Tuntaskan Pembangunan Gedung SD Negeri Duduksampeyan

Senin, 05 Agustus 2019 - 19:12 WIB
US Navy Tuntaskan Pembangunan Gedung SD Negeri Duduksampeyan
Prajurit US Navy sedang melakukan pengecetan gedung SDN Duduksampeyan, Kabupaten Gresik. Foto/SINDOnews/Ashadi Iksan
A A A
GRESIK - Tentara Amerika Serikat (AS) dari satuan Naval Mobile Construction Battalion Four, US Navy, menuntaskan pembangunan dua gedung SD Negeri Duduksampeyan.

Prajurit dari pasukan elit AS ini, tergabung dalam Partners in Building a Better Future, yang bekerjasama dengan Batalyon Zeni 2 Marinir TNI AL. Kegiatan ini, bagian dari latihan Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2019.

Serah terima bangunan sekolah yang selesai dibangun tersebut, dihadiri Konsulat Jenderal AS di Surabaya, Mark Mc Govern bersama perwakilan dari Komando Armada Timur, Kolonel Laut Eka Prabawa, Kepala Kesbangpol Kabupaten Gresik, Darman.

"Kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk kemaslahatan siswa SDN Duduksampeyan. Juga dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar," kata Darman mewakili Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto.

Sementara itu, Konsulat Jenderal AS Mark Mc Govern menyatakan, bantuan ini untuk membangun hubungan atas dasar saling menghormati. Juga memperingati 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia, dan AS, serta 25 tahun kerjasama Angkatan Laut Indonesia dan Amerika.

"Kami berharap pembangunan gedung ini menjadi sejarah bagi hubungan kedua negara. US Navy dan TNI AL bisa terus terhubung dengan sekolah ini," katanya.

Pemerintah AS tidak hanya memberikan dana. US Navy dan Marinir TNI AL juga melaksanakan sendiri pembangunan gedung SD tersebut. Ada 45 anggota TNI dan 12 orang anggota US Navy yang terlibat mengerjakan pembangunan gedung tersebut selama 52 hari.

Para anggota TNI dan US Navy ini membangun beberapa tenda di depan sekolah. Mereka melakukan aktifitas di tenda yang dibangun di jalan didepan sekolah tersebut selepas melaksanakan aktifitas pembangunan tersebut.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, Mahin menambahkan, ada dua lokal yang dipergunakan untuk ruang computer dan ruang guru. Juga beberapa rehabilitasi dari pemasangan lantai keramik pada semua ruang kelas. Antaranya; ruang perpustakaan, rehab semua ruang kelas sehingga menjadi lebih layak.

"Selain itu TNI dan US Navy juga melakukan pembangunan sarana olah raga. Pengurukan halaman sekolah yang mulanya tampak seperti kolam. Sehingga, SDN Duduksampeyan sekarang sudah menjadi sekolah yang sangat bagus," pungkasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.9656 seconds (0.1#10.140)