Health Space UM Surabaya, Jawab Masalah Kesehatan Masyarakat

Senin, 05 Agustus 2019 - 19:50 WIB
Health Space UM Surabaya, Jawab Masalah Kesehatan Masyarakat
Health Space UM Surabaya, dibangun sebagai upaya menciptakan kampung pendidikan kesehatan untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Perkembangan layanan kesehatan di Indonesia terus didorong semakin baik. Salah satunya, dilakukan dengan pengembangan inovasi layanan kesehatan untuk masyarakat.

Meski perkembangan inovasi layanan kesehatan cukup pesat, masyarakat masih dilanda beberapa masalah kesehatan yang terus meningkat.

Keterbatasan mengakses informasi kesehatan, seringkali menjadi hilir dari berbagai permasalahan kesehatan yang dialami masyarakat.

Menjawab persoalan tersebut, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah (FIK UM) Surabaya, membuat inovasi layanan kesehatan kepada masyarakat, melalui progam SAGA (Sahabat Keluarga).

Program SAGA dilakukan oleh mahasiswa praktik komunitas profesi keperawatan Progam Studi Pendidikan Profesi Ners, dengan menyediakan sebuah sarana baru berupa Health Space, yaitu tempat yang akan menyediakan berbagai informasi kebutuhan kesehatan dan berbagai produk inovasi kesehatan bagi masyarakat.

SAGA merupakan progam pengabdian terhadap masyarakat, dalam bentuk pendampingan terhadap keluarga yang telah rutin digalakkan oleh FIK UM Surabaya.

Pelaksanaan program SAGA kali ini, dibuat untuk menjembatani masalah kesenjangan informasi kesehatan dengan berupaya menghadirkan kampung pendidikan kesehatan, berupa Health Space untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat.

Peresmian dan pembukaan Health Space di Balai Kelurahan Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Senin (5/8/20109) ini diresmikan oleh Camat Kecamatan Sukolilo, dan Kepala Puskesmas binaan wilayah Kelurahan Medokan Semampir.

Dekan FIK UM Surabaya, Mundakir mengatakan, Health Space hadir dengan sejumlah konsep diantaranya Health Space Edukasi Pemanfaatan Kerajinan Limbah, dan Health Space Edukasi Budidaya Toga dari Petik Hingga Jadi Produk Inovasi Pembuatan Obat Tradisional.

Selain itu, Health Space Penyedia Informasi Kebutuhan Makanan Lansia, Health Space Ramah Anak, dan (Kampung Literasi Kesehatan Untuk Anak) dan Health Space Reminder Area.

"Health Space Reminder Area ini akan menjadi pusat informasi kesehatan bagi remaja, termasuk pengenalan bahaya merokok, bahaya penggunaan narkoba dan sex bebas," katanya.

Mundakir menuturkan, kurangnya informasi kesehatan yang dialami oleh masyarakat bisa disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya adalah factor sosial dan ekonomi.

"Oleh sebab itu, persoalan ini tidak bisa diselesaikan tanpa kerjasama dari berbagai pihak," ujarnya.

Hadirnya Health Space, kata dia, adalah untuk memberikan kemudahan akses informasi kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat di Kelurahan Medokan Semampir.

Pihaknya berupaya untuk menjadi mitra yang baik bagi semua pemerhati kesehatan di masyarakat khususnya Puskesmas.

"Harapan kami, program SAGA kali ini tidak hanya menyetuh satu aspek pengetahuan kesehatan saja namun juga mampu merubah perilaku kesehatan masyarakat," pungkasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.2899 seconds (0.1#10.140)