Gus Ipul Sebut Mbah Moen Ulama Konsisten dan Ahli Silaturahim

Selasa, 06 Agustus 2019 - 14:45 WIB
Gus Ipul Sebut Mbah Moen Ulama Konsisten dan Ahli Silaturahim
Gus Ipul Sebut Mbah Moen Ulama Konsisten dan Ahli Silaturahim
A A A
SURABAYA - Meninggalnya ulama kharismatik yang juga Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Maimoen Zubair membawa duka yang mendalam bagi semuanya. Banyak kesaksian tentang perjalanan hidup Mbah Moen, salah satunya datang dari Ketua PBNU Saifullah Yusuf.

“Ada peribahasa Arab mautul alim mautul alam, meninggalnya orang alim adalah seperti matinya alam. Kalau alam mati berarti alam dalam kegelapan,” kata Gus Ipul, panggilan akrab Saifullah Yusuf, Selasa (6/8/2019).

Gus Ipul yang dalam berbagai kesempatan kerap bertemu dan sowan kepada Mbah Moen, panggilan karib KH Maimoen Zubair, ini mengatakan tidak banyak ulama kharismatik di negeri ini yang sealim dan memiliki keilmuan yang luas seperti Mbah Moen. “Beliau ini alim, akhlakul karimah, selalu istiqomah memintarkan ribuan santri dan juga sangat ahli silaturahmi,” kata Gus Ipul.

Namun di samping kealiman dan kepintaran Mbah Moen, ada satu yang sangat istimewa yakni Mbah Moen selalu terdepan dalam menghormati perbedaan. Jika sebagian tokoh kerap mematikan perbedaan, namun Mbah Moen selalu konsisten merawat dan menghormati perbedaan.

“Saat Gus Dur termasuk juga Gus Mus mendirikan PKB, Mbah Moen saat itu tetap konsisten di PPP. Tapi hubungan silaturahmi antara beliau-beliau ini tetap terjamin dan terjaga,” ujar Gus Ipul.

Bahkan saat awal pendirian PKB, sempat terjadi ketegangan dengan PPP, khususnya di kawasan Jawa Tengah. Namun saat itu, Mbah Moen bisa mendinginkannya. Yang pasti kata Gus Ipul, wafatnya Mbah Moen telah membawa duka yang cukup mendalam bagi semuanya.

“Kita turut berduka seorang alim yang ahli silaturahmi dan konsisten ngemong santri telah kapundut. Selamat Jalan Mbah Maimoen, Allah mencintai panjenengan,” kata mantan Wakil Gubernur Jatim ini.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4442 seconds (0.1#10.140)