Latihan Berakhir, Marinir Amerika Banyak Belajar dari Indonesia

Selasa, 06 Agustus 2019 - 15:30 WIB
Latihan Berakhir, Marinir Amerika Banyak Belajar dari Indonesia
marinir Indonesia dan marinir Amerika di hutan Selogiri, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (06/8/2019). Foto/ist
A A A
BANYUWANGI - Latihan bersama antara marinir Indonesia dan Amerika dalam kegiatan Carat 2019 di hutan Selogiri, Kalipuro, Banyuwangi, akhirnya selesai.

Seluruh rangkaian kegiatan latihan ini diakhiri dengan ucapan selamat jalan Korps Marinir TNI AL kepada marinir Amerika saat berangkat kembali ke kapal USNS Fall River yang sandar di Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Selasa (06/8/2019).

Komandan marinir Amerika Serikat untuk Carat 2019, Kapten USMC Daniel Philips mengaku senang dengan latihan bersama tersebut. Ia mengatakan latihan bersama ini memberikan semangat bagi prajurit marinir Amerika Serikat untuk mengenal Indonesia lebih dekat.

"Latihan seperti ini sangat bagus karena memberikan kesempatan kedua pasukan berlatih bersama, saling tukar ilmu. Hal yang menarik adalah belajar dari marinir Indonesia saat melaksanakan patroli hutan dan jungle survival," ujarnya.

Menurut Daniel Philips, marinir Amerika belajar banyak dari keunikan geografis dimiliki Indonesia dari marinir Indonesia. “Ini merupakan kebanggaan bagi kami bisa berlatih bersama dengan prajurit Korps Marinir TNI AL. Banyak pengalaman baru yang kami peroleh selama mengikuti latihan, kami berharap suatu saat nanti dapat berlatih kembali bersama kalian,” tegasnya.

Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir Letkol Marinir Arip Supriyadi, memaparkan bahwa latihan dapat terlaksana dengan lancar dan aman sesuai dengan agenda yang sudah direncanakan. Semua materi telah diberikan kepada peserta latihan mulai dari menembak reaksi, GPMG, sniper, menembak malam, serangan, raid darat, patroli tempur dan jungle survival.

“Latihan seperti ini sangat bermanfaat bagi marinir kedua negara, selain dapat meningkatkan hubungan militer kedua negara juga untuk meningkatkan profesionalisme prajurit marinir kedua negara,” kata dia.

Arip berharap, latihan bersama Carat 2019 dapat menambah pegetahuan kedua marinir. "Semoga pengetahuan yang didapat dari latihan bersama ini dapat bermanfaat. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada pelatih dan pendukung latihan atas kerjasamanya sehingga latihan dapat berjalan dengan lancar dan aman," pungkasnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4151 seconds (0.1#10.140)