Belajar Navigasi, Siswa Sekbang A-96 Terbang ke Lanud Iswahjudi

Rabu, 07 Agustus 2019 - 08:43 WIB
Belajar Navigasi, Siswa Sekbang A-96 Terbang ke Lanud Iswahjudi
Para penerbang yang merupakan siswa Sekolah Penerbang (Sekbang) A-96 melakukan latihan navigasi di Lanud Iswahjudi. Foto/Ist.
A A A
MADIUN - Siswa Sekolah Penerbang (Sekbang) A-96 berlatih navigasi jarak dekat (NJD), dan navigasi jarak sedang (NJS) ke Lanud Iswahjudi, dan Lanud Abdulrachman Saleh.

Latihan ini dipimpin langsung oleh Danlanud Adisutjipto, Marsma TNI Bob Henri Panggabean. Dia terbang bersama salah satu siswa Sekbang, Rafi dengan pesawat Grob G-120 TP-A LD 1230. Kehadirannya, disambut langsung Danlanud Iswahjudi, Marsma TNI Widyargo Ikoputra.

Belajar Navigasi, Siswa Sekbang A-96 Terbang ke Lanud Iswahjudi


Navigasi penerbangan ini dimaksud untuk melatih para siswa penerbang, dan siswa navigasi, terbang secara visual atau instrumen dari satu poin ke poin lain, dan juga untuk mendarat ke satu pangkalan ke pangkalan yang lain dengan aman.

Latihan navigasi ini dilaksanakan secara bertahap, dimulai dari tempat terdekat, yakni NJD. Pesawat take off dari Lanud Adisutjipto, menuju Lanud Adisoemarmo, dan Lanud Iswahjudi.

Selanjutnya latihan NJS, menempuh jarak yang lebih jauh seperti Lanud Adisutjipto, menuju Lanud Abdulrachman Saleh. Sedangkan Navigasi Jarak Jauh (NJJ) terbang dari Lanud Adisutjipto ke Lanud Ngurah Rai.

Belajar Navigasi, Siswa Sekbang A-96 Terbang ke Lanud Iswahjudi


"Latihan navigasi ini bertujuan agar para Sekbang mampu menguasai dan menerbangkan pesawat dengan baik. Latihan ini juga sekaligus sebagai bentuk pembinaan bagi para penerbang agar menjadi penerbang yang handal di segala kondisi, sesuai yang diharapkan oleh TNI AU," Jelas Komandan Skadron Pendidikan 101, Letkol Pnb. Frando Marpaung.

Latihan NJd dilaksanakan 22 Juli-9 Agustus 2019. Diikuti oleh 11 siswa, sedangkan untuk NJS diikuti 14 siswa.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4626 seconds (0.1#10.140)