Tanamkan Nilai Pancasila, Bakesbangpol PBD Gelar Diklat Bela Negara

Senin, 29 Juli 2019 - 08:15 WIB
Tanamkan Nilai Pancasila, Bakesbangpol PBD Gelar Diklat Bela Negara
Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah (Bakesbanpol PBD) Kota Blitar, menggelar Diklat Bela Negara. Foto/Pemkot Blitar
A A A
BLITAR - Pemkot Blitar, melalui Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah (Bakesbanpol PBD) melakukan penanaman nilai-nilai Pancasila.

Penanaman nilai-nilai Pancasila ini, digelar selama dua hari, 25-26 Juli 2019, dalam bentuk Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bela Negara bagi pelajar tingkat SMP dan MTS se-Kota Blitar.

Diklat Bela Negara ini dibuka Pelaksana tugas (Plt) Asisten Administrasi Umum dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Blitar, Wikandrio.

Wikandrio mengatakan, diklat pendahuluan bela negara ini sangat strategis untuk generasi muda. Karena untuk menciptakan jiwa patriotisme dan nasionalisme tidak mudah. Sehingga tepat jika menyentuh generasi muda.

Dia sangat mengapresiasi kegiatan dalam rangka melaksanakan amanat undang-undang ini. Selain itu, pelaksanaan diklat bela negara momennya sangat tepat, dilakukan menyongsong hari ulang tahun ke-74 kemerdekaan Indonesia.

"Sangat tepat, karena ini sebagai pemula. Kalau dulu disaat mempertahankan kemerdekaan ada Tentara Pelajar Republik Indonesia itu usianya SLTP dan SLTA. Kalau dulu memikul senjata, kalau sekarang mempertahankan. Jangan sampai ideologi kita itu terdegradasi dengan pengaruh-pengaruh negatif," kata Wikandrio.

Kepala Bakesbangpol PBD Kota Blitar, Hakim Sisworo menyebutkan, diklat diikuti 100 pelajar SMP dan MTS baik dari sekolah negeri maupun swasta.

"Diklat dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai nasionalis dan patriotis di kalangan pelajar. Tercipta kader-kader bela negara, mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila, kebangsaan, dan menanamkan bela negara di lingkungan sekolah dan keluarga masing-masing," ujarnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0727 seconds (0.1#10.140)