Dalam Hitungan Menit, Prajurit TNI AL Atasi Kejahatan di Laut

Kamis, 08 Agustus 2019 - 19:30 WIB
Dalam Hitungan Menit, Prajurit TNI AL Atasi Kejahatan di Laut
Komando Latihan (Kolat) Koarmada II menggelar pelatihan Visit Board Search And Seizure (VBSS). Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Hanya dalam hitungan manit, prajurit TNI AL dari Komando Armada (Koarmada) II mampu membekuk dan melumpuhkan para pelaku kejahatan yang beraksi di laut.

Latihan menangkal berbagai bentuk kejahatan di laut ini, dilakukan oleh para prajurit TNI ALI Koarmada II, yang digelar oleh Komando Latihan (Kolat) Koarmada II.

Kegiatan latihan yang diberi nama Visit Board Search And Seizure (VBSS) tersebut, berlangsung di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) pada Kamis (8/08/2019).

Dalam Hitungan Menit, Prajurit TNI AL Atasi Kejahatan di Laut


Latihan VBSS ini melibatkan prajurit bintara dan tamtama yang berdinas di KRI. Sementara prajurit Satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska) Koarmada II selaku pelatih dalam pelatihan VBSS.

Skenario dalam latihan ini adalah berdasarkan laporan intelijen yang akurat bahwa adanya kapal yang dicurigai membawa barang ilegal.

Laporan tersebut ditindak lanjuti oleh kapal perang yang sedang berpatroli dengan mengirim satu tim VBSS menggunakan Sea Rider menuju kapal yang dimaksud, guna melaksanakan inspeksi mencari barang-barang ilegal di kapal tersebut.

Tim VBSS menunjukkan profesionalismenya dengan melaksanakan gerakan taktis melaksanakan komunikasi dengan awak kapal dan melakukan mekanisme pemeriksaan ruangan di kapal yang dicurigai sehingga berhasil menemukan barang simulai yang berupa senjata ilegal di kapal MV. Bonny Star dengan sigap.

Dalam Hitungan Menit, Prajurit TNI AL Atasi Kejahatan di Laut


Dalam evaluasi latihan, disampaikan bahwa secara umum keseluruhan tahapan boarding party yang didahului dengan melakukan pemeriksaan kepada personel yang terlibat, sudah sesuai dengan prosedur yang ditentukan.

Dan akhirnya tim VBSS berhasil menemukan barang- barang yang disimulasikan ilegal yang disimpan di salah satu ruangan tersembunyi di kapal tersebut.

Komandan Kolat Koarmada II, Kolonel Laut (P) Arif Badrudin menyampaikan, bahwa Tim VBSS adalah sebuah tim kecil yang memiliki kemampuan pencarian, penyergapan dan pembebasan kapal dan merupakan komponen wajib pada KRI yang dimiliki oleh TNI AL, untuk menekan berbagai bentuk pelanggaran kedaulatan dan hukum di laut.

"Latihan peran VBSS yang dilaksanakan di bawah panduan Satkopaska ini, bermanfaat penting untuk menunjang profesionalitas dan kemampuan tempur prajurit Koarmada II, khususnya yang berdinas di KRI sebagai upaya untuk menekan angka kejahatan maupun pelanggaran terhadap kedaulatan negara yang terjadi di laut," tegasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.6658 seconds (0.1#10.140)