Bupati Anas: PDIP Dukung Kepala Daerah Berinovasi

Jum'at, 09 Agustus 2019 - 15:20 WIB
Bupati Anas: PDIP Dukung Kepala Daerah Berinovasi
Bupati Banyuwangi Azwar Anas (tengah) saat memaparkan beragam inovasi publik di Banyuwangi. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
DENPASAR - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, PDIP memberi keleluasaan pada kepala daerah dari partai tersebut untuk berinovasi.

Tak hanya mendukung, partai yang dikomandani Megawati Soekarnoputri mendorong agar inovasi tersebut bisa berkembang. Pada ujungnya, diharapkan mampu menyejahterakan masyarakat.

Di Banyuwangi, beragam inovasi dilahirkan Anas guna meningkatkan pelayanan publik. Salah satunya inovasi di bidang pelayanan publik yakni Program Smart Kampung. Ini merupakan program pengembangan desa melalui pendekatan Teknologi informasi (TI) dibarengi dengan perbaikan layanan publik dan upaya peningkatan ekonomi warga.

Saat ini sudah 173 desa dari 189 desa yang teraliri internet berbasi serat optik untuk menunjang pelaksanaan Smart Kampung. "Bu Mega (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri) memberi keleluasaan yang sebesar-besarnya untuk berinovasi. Tidak hanya di Banyuwangi, tapi juga di Surabaya dan juga Jawa Tengah," kata Anas saat diskusi dengan awak media di Sanur, Denpasar Jumat (9/8/2019).

Di bidang pendidikan, berbagai program inovatif juga digulirkan. Diantaranya, program angkat anak muda putus sekolah (Garda ampuh), Beasiswa Kuliah Gratis hingga lulus perguruan tinggi yang telah menjangkau 800 pelajar, Siswa Asuh Sebaya, Tabungan Pelajar Rp1 juta per siswa dan bantuan uang transport dan uang saku. Semua program tersebut mampu menekan angka putus sekolah menjadi 0,3% di tingkat SD.

Sedangkan SMP dan SMA 100% tidak lagi ada anak putus sekolah. "Perubahan Banyuwangi, tak luput dari pesan Bu Mega (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri) saat pencalonan saya di Pilkada Banyuwangi. Saat itu, bu Mega berpesan kepada saya, bela orang miskin agar mereka bisa sejahtera," kata Anas mengutip pesan Megawati.

Ketika terpilih menjadi bupati, kepala daerah dari PDIP ini pun memilih Banyuwangi sebagai daerah wisata ketimbang daerah Industri. Diakuinya, hampir semua daerah punya tantangan. Tetapi, dia meyakini semua pasti ada solusi, hingga pada akhirnya Banyuwangi telah berhasil. "Bu Mega selalu mengingatkan agar terus menyejahterakan, memperhatikan dan memberikan perhatian pada wong cilik," pungkas Anas.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6114 seconds (0.1#10.140)