Ini Keseruan Prajurit Kostrad Peringati Hari Masyarakat Adat

Sabtu, 10 Agustus 2019 - 07:50 WIB
Ini Keseruan Prajurit Kostrad Peringati Hari Masyarakat Adat
Peringatan Hari Internasional Masyarakat Adar Sedunia (Himas), diperingati Prajurit Yonif mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, bersama Suku Kanum di Kabupaten Merauke. Foto/Ist.
A A A
MERAUKE - Bersama Suku Kanum di Kabupaten Merauke, prajurit Yonif mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, memperingati Hari Internasional Masyarkat Adat Sedunia (HIMAS).

Para prajurit yang bertugas dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini, di Pos Rawabiru ini, membaur dengan masyarakat Suku Kanum. Mereka bersuka cita bersama menghormati kelestarian adat dan kearifan lokal.

PBB telah menetapkan peringatan HIMAS pada setiap tanggal 9 Agustus. Dan perayaannya, selalu digelar meriah oleh masyarakat adat di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Dalam perayaan di Kampung Rawabiru, di isi dengan kegiatan kirab keliling kampung sambil memainkan alat musik khas Suku Kanum, tarian adat, dan bernyanyi bersama, lalu diakhiri dengan kegiatan makan bersama di Pos Rawabiru.

Ini Keseruan Prajurit Kostrad Peringati Hari Masyarakat Adat


Komandan Pos Rawabiru. Letda Inf. Raden Adityas menyampaikan, bersama-sama warga Kampung Rawabiru, mengadakan acara peringatan HIMAS sebagai bentuk melestarikan budaya adat, dan mempererat hubungan silaturahmi dengan masyarakat.

Sementara itu Dansatgas Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, Mayor Inf. Rizky Aditya mengatakan, kegiatan yang di laksanakan di Pos Rawabiru, bersama Suku Kanum, merupakan salah satu upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa melalui budaya adat.

"Kita akan selalu membina hubungan baik dengan masyarakat, salah satunya adalah dengan melestarikan budaya adat setempat, sehingga ke depan akan tercipta ikatan kekeluargaan yang kuat antara Satgas dan Masyarakat di sekitar pos," ujarnya.

Kepala Suku Kanum, Harun Khoi Dimar mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada para prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, yang telah menyelenggarakan acara peringatan HIMAS di kampung Rawabiru. "Semoga semakin memperat hubungan silaturahmi kita semua," ujarnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9357 seconds (0.1#10.140)