Jamaah Haji Indonesia Jalani Puncak Ibadah Haji, Wukuf di Arafah

Sabtu, 10 Agustus 2019 - 15:43 WIB
Jamaah Haji Indonesia Jalani Puncak Ibadah Haji, Wukuf di Arafah
Ratusan jamaah haji di kompleks Misi Haji Indonesia berkumpul di masjid tenda mengikuti rangkaian prosesi wukuf, Sabtu (10/8/2019) siang Waktu Arab Saudi (WAS). Foto/SINDOnews/Abdul Malik Mubarok
A A A
MEKKAH - Akhirnya, Jamaah haji Indonesia sampai pada puncak haji yang ditandai dengan wukuf di Arafah saat matahari tergelincir, Sabtu (10/8/2019).

Ratusan jamaah yang berada di kompleks tenda Misi Haji mulai berkumpul di masjid tenda sejak pukul 10.30 Waktu Arab Saudi (WAS). Mereka melakukan pembacaan talbiyah secara bersama-sama.

Rangkaian dilanjutkan pembacaan ayat suci Alquran. Kemudian penyampaian sambutan secara berurutan oleh Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel dan Menteri Agama (Menag) sekaligus Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin.

Setelah masuk zuhur, akan dikumandangkan azan dan diteruskan dengan khotbah wukuf. Khotbah akan disampaikan oleh Naib Amirul Hajj sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Cipasung Jawa Barat, KH Bunyamin Ruhiyat.

Usai khotbah wukuf dilanjutkan dengan salat berjamaah zuhur dan asar dengan cara dijamak taqdim qosor. Setelah itu jamaah dipersilakan untuk menjalankan ibadah sendiri-sendiri. Kesempatan itu biasanya digunakan jamaah untuk berzikir dan berdoa secara khusuk.

"Sejak azan zuhur hingga asar perbanyak berdoa karena itu adalah waktu yang mustajab," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah, Subhan Cholid.

Kepala Satuan Operasional (Kasatop) Armuzna, Jaetul Muchlis mengatakan, jamaah haji Indonesia akan mulai didorong ke Muzdalifah menjelang atau setelah matahari tenggelam.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0633 seconds (0.1#10.140)