Jamaah Haji Indonesia Lakukan Mabit di Muzdalifah

Minggu, 11 Agustus 2019 - 09:30 WIB
Jamaah Haji Indonesia Lakukan Mabit di Muzdalifah
Ratusan ribu jamaah haji Indonesia mabit di Muzdalifah setelah melaksanakan wukuf di Arafah, Sabtu (10/8/2019) malam. Mereka berangkat ke Mina setelah tengah malam. Foto/SINDOnews/Abdul Malik Mubarok
A A A
MEKKAH - Jamaah haji Indonesia berhasil didorong dari Arafah ke Muzdalifah sebelum tengah malam ini Waktu Arab Saudi (WAS). Sebagian dari mereka bahkan mulai diberangkatkan ke Mina setelah mabit beberapa jam di Muzdalifah.

Jamaah haji kloter 17 Embarkasi Padang (PDG), Syamsuardi, mengaku, dirinya telah berada di Muzdalifah sejak pukul 18.30 WAS. Saat pertama sampai, dia langsung mengambil batu untuk melempar jumrah dan berdiam diri untuk berzikir dan berdoa selama mabit.

"Saya berdoa sesuatu yang ingin saya capai," kata pria yang biasa dipanggil Edi ini ketika ditemui di Muzdalifah, Sabtu 10 Agustus 2019 malam waktu setempat.

Setelah lebih dari lima jam mabit, Edi dan rombongan kloternya diberangkatkan ke Mina untuk menjalani rangkaian haji lanjutan. "Rencananya saya sama teman-teman mau lempar jumrah sebelum subuh," kata dia.

Ratusan Ribu Jamaah Haji Indonesia Mabit di Muzdalifah
Hal senada juga disampaikan M Nazir, jamaah kloter 16 Embarkasi Padang (PDG). Dia mengaku telah lima jam lebih di Muzdalifah. "Ini mau berangkat ke Mina," kata Nazir yang berjalan pakai tongkat ini.

Nazir yang memiliki keterbatasan secara fisik berencana melempar jumrah bersama istrinya. "Nanti didampingi istri," ujar dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2530 seconds (0.1#10.140)