Pria Bersenjata Umbar Tembakan di Masjid Norwegia, 1 Jamaah Luka

Minggu, 11 Agustus 2019 - 09:51 WIB
Pria Bersenjata Umbar Tembakan di Masjid Norwegia, 1 Jamaah Luka
Kru darurat berdatangan di sekitar al-Noor Islamic Center, Norwegia, setelah penembakan terjadi di tempat ibadah umat Islam tersebut, Sabtu (10/8/2019). Foto/NTB Scanpix/Terje Pedersen via REUTERS
A A A
OLSO - Seorang pria bersenjata berkulit memasuki sebuah masjid di Norwegia dan mengumbar tembakan. Aksi pelaku menyebabkan seorang jamaah muslim terluka.

Penembakan itu terjadi hari Sabtu di al-Noor Islamic Center di dekat Ibu Kota Norwegia, Oslo. Menurut polisi, tersangka telah ditangkap.

"Seorang pria kulit putih muda yang tampaknya bertindak sendiri," kata pihak kepolisian setempat, dikutip Reuters, Minggu (11/8/2019).

Direktur masjid, Irfan Mushtaq, kepada TV2 mengatakan, korban adalah seorang jamaah berusia 75 tahun.

"Pria itu (pelaku) membawa dua senjata seperti shotgun dan pistol. Dia mendobrak pintu kaca dan melepaskan tembakan," kata dia.

Mushtaq mengatakan, pelaku penembakan mengenakan pelindung tubuh dan helm. Pelaku ditangkap pengurus masjid sebelum para polisi tiba.

Masjid di Norwegia sejak awal tahun ini menerapkan langkah-langkah keamanan tambahan setelah pembantaian terhadap lebih dari 50 orang di dua masjid di Selandia Baru oleh seorang tersangka teroris sayap kanan.

Pada tahun 2011, Anders Behring Breivik—seorang neo-Nazi yang anti-Muslim—membantai 77 orang yang sedang berkumpul untuk aksi damai. Pembantaian itu dianggap sebagai kekejaman terburuk di Norwegia. Mayoritas korban adalah remaja yang sedang berada di sebuah kamp pemuda.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4874 seconds (0.1#10.140)