alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rakyat dan Prajurit Kostrad Membaur di Hari Raya Kurban

Yuswantoro
Rakyat dan Prajurit Kostrad Membaur di Hari Raya Kurban
Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, menyerahkan sapi untuk kurban. Foto/Ist.

MALANG - Masyarakat dan para prajurit Divif 2 Kostrad, membaur bersama dalam kekhusukan Sholat Idul Adha 1440 H, yang digelar di Gedung Indoor Madivif 2 Kostrad.

Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, beserta istri, juga turut membaur dalam suasana penuh kedamaian tersebut, Minggu (11/8/2019).

Peringatan Hari Raya Idhul Adha 1440 H di markas salah satu pasukan elit TNI AD ini, mengangkat tema "Jadikan Hikmah Idhul Adha1440 H/2019 Sebagai Momentum Peningkatan Ketaqwaan dan Semangat Rela Berkorban Guna Mendukung Tugas Pokok TNI".



Bertindak sebagai imam Sholat Idhul Adha, sekaligus Khotib adalah Ustad Aksan Subur, yang merupakan imam besar Masjid Sabilul Huda.

Dalam khotbahnya ia menyampaikan, bahwa pada hari ini berjuta-juta umat Islam berbondong-bondong meninggalkan rumah mereka, berjalan dengan penuh perasaan gembira dan haru menuju masjid-masjid atau tanah lapang tempat diselenggarakannya sholat Idul Adha.

"Terdapat tiga hikmah kurban pertama kesanggupan dan kemampuan seorang muslim dalam menghadapi ujian keimanan, kedua sebagai simbolis atas penyembelihan sifat-sifat hewanian dan terakhir sebagai bentuk kasih sayang Allah atas ketaatan hambanya," ujarnya.

"Selain itu, berbagai ujian yang menimpa seperti dialami Nabi Ibrahim dan keluarganya, bila kita taat dan selalu berserah diri kepada Allah akan bisa dilalui dengan baik, Kebahagian seorang mukmin adalah dapat melaksanakan perintah Allah meskipun berat, tetapi dia tetap tegar untuk melaksanakannya," jelasnya.

Sementara itu, Tri Yuniarto mengatakan, bahwa jika dikaitkan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara, sifat seperti Nabi Ibrahim tersebut patut untuk ditiru. "Karena bangsa yang kuat adalah bangsa yang saling bahu-membahu, bangsa yang bersatu, bangsa yang rela berkorban apapun demi kejayaan bangsa dan negaranya," tegasnya.

Usai pelaksanaan sholat, dilakukan juga penyerahan hewan kurban secara simbolis oleh jenderal bintang dua ini kepada panitia pelaksanaan kurban, yang dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban.

Penyerahan hewan kurban ini dimaksudkan agar Divif 2 Kostrad dapat menjalin kekompakan dan solidaritas bersama masyarakat sekitar di wilayah Singosari, dan sekitarnya dalam rangka memupuk kebersamaan.

"Ibadah kurban yang dilaksanakan secara tulus dan ikhlas, merupakan wujud dari rasa solidaritas sesama umat muslim khususnya, serta rasa kesetiakawanan nasional pada umumnya," ungkapnya.

Pada Hari Raya Idul Adha 1440 H kali ini, jumlah hewan kurban di Markas Divif 2 Kostrad sebanyak lima ekor sapi dan 26 ekor kambing. Daging hewan kurban tersebut akan dibagikan kepada warga Divif 2 Kostrad dan masyarakat sekitar, serta yayasan panti asuhan.



(eyt)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif