Pelindo III Bagikan 344 Ekor Hewan Kurban Senilai Rp4 Miliar

Minggu, 11 Agustus 2019 - 19:45 WIB
Pelindo III Bagikan 344 Ekor Hewan Kurban Senilai Rp4 Miliar
Pelindo III Bagikan 344 Ekor Hewan Kurban Senilai Rp4 Miliar
A A A
SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III pada peringatan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah tahun ini membagikan hewan kurban di 7 provinsi wilayah kerjanya.

Diketahui, operator kepelabuhanan pelat merah tersebut mengoperasikan hingga 43 pelabuhan dan terminal di Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah.

“Total jumlah hewan kurban yang disalurkan Pelindo III Group pada tahun ini 344 ekor, yang terdiri dari 143 sapi dan 201 kambing. Dengan biaya total mencapai sekitar Rp4 miliar. Tahun ini alokasi jumlah sapi ditambah, dari 126 ekor pada tahun sebelumnya menjadi 143 ekor di tahun ini. Hal ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat di daerah,” kata Direktur Utama Pelindo III Doso Agung, Minggu (11/8/2019).

Dia melanjutkan, sebagian besar hewan kurban disalurkan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang membutuhkan, di sekitar pelabuhan dan terminal yang dikelola Pelindo III. Tak hanya itu, seluruh anak perusahaan Pelindo III juga dipastikan turut menyalurkan hewan kurban.

“Kurban dari seluruh keluarga besar Pelindo III Group ini diharapkan tidak hanya menjadi ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, tetapi juga untuk mendekatkan silaturahmi dengan masyarakat sekitar tempat usaha kami,” ungkap Doso.

Di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ada 56 ekor sapi kurban yang disiapkan. 21 ekor di antaranya akan disembelih bersama takmir (pengurus) Masjid Baitul Hakam. Diprediksi akan menghasilkan tak kurang dari 4.000 kantong yang akan dibagikan dengan sistem kupon kepada warga masyarakat yang membutuhkan, pekerja informal, dan para Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) pelabuhan.

Sedangkan 26 ekor sapi sisanya akan disalurkan dalam kondisi hidup ke berbagai kelompok masyarakat, panitia kurban di sejumlah institusi mitra kerja, pengurus masjid dan musholla, serta pesantren dan panti asuhan yang membutuhkan di kawasan Surabaya dan sekitarnya. Selain itu di juga ada 204 ekor kambing yang juga disalurkan dalam kondisi hidup selama 2 hari kepada masyarakat.

Sementara itu di Bali, Pelindo III membeli hewan kurban berupa 1 ekor sapi dan 14 ekor kambing melalui kerja sama dengan Yayasan Dompet Sosial Madani (DSM), untuk berkontribusi pada penyaluran hewan kurban ke daerah pelosok.

“Hewan kurban disalurkan untuk kampung-kampung muslim yang ada di Bali. (Penyaluran hewan kurban ke kampung muslim di daerah pelosok) sangat berarti. Bila di perkotaan kebanyakan masyarakatnya sudah mampu, namun di perdesaan bahkan ada yang masih sangat jarang makan daging sapi. Karena tidak mampu secara penghasilan,” kata perwakilan DSM Bali, Hamdan Muzayyin.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6406 seconds (0.1#10.140)