Syukuran Qurban, Ini Cerita Bahagia Warga Kampung Seng Surabaya

Senin, 12 Agustus 2019 - 18:35 WIB
Syukuran Qurban, Ini Cerita Bahagia Warga Kampung Seng Surabaya
Warga Kampung Seng Kota Surabaya, berbaur bersama relawan ACT Jatim, menikmati makan bersama dalam rangka Syukuran Qurban. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Idul Adha telah tiba, siapa sangka di tengah kota metropolis Surabaya, masih ada warga yang belum merasakan menyembelih dan menikmati daging qurban.

Warga Kampung Seng Gayungkebonsari, Kota Surabaya, baru merasakan nikmat menyembelih dan memasak hewan qurbannya sendiri setelah Global Qurban ACT menyalurkan bantuan hewan qurban.

Kebahagian nampak dari antusias masyarakat, mulai dari penyembelihan, menyiapkan bumbu dapur, memasak hingga penyajian makanan untuk santap bersama.

Program Syukuran Qurban, Berkahnya Makan Bersama yang diinisiasi oleh ACT Jatim ini merupakan hasil kolaborasi dari berbagai pihak, yakni Jokopi selaku donatur hewan qurban, IWAPI dan BEM Universitas Negeri Surabaya (Unesa) turut menyemarakkan acara dengan lomba dan live mural kemanusiaan.

Disampaikan oleh Wahyu Sulistianto Putro dari ACT Jatim, kegiatan ini adalah buah kolaborasi bersama dengan mitra ACT. "Harapan kami penyaluran hewan qurban dan syukuran qurban ini memberikan kebermanfaatan bagi warga Kampung Seng Gayungkebonsari, dan bagi donatur ini adalah bentuk pertanggungjawaban kami dapat mengelola penyaluran qurban dengan baik dan profesional," ujarnya.

Hafis dari Jokopi menyatakan, sangat senang karena dilibatkan dalam kegiatan yang langsung terjun ke masyarakat. "Semoga ke depannya semakin banyak kolaborasi kegiatan yang memberikan manfaat kepada masyarakat," tuturnya.

Keceriaan tergambar jelas di wajah masyarakat Kampung Seng Surabaya, ketika makan bersama dengan menu rawon, salah satu menu favorit warga Kota Surabaya.

Warga tampak antusias karena setelah bertahun-tahun baru dapat menyembelih qurban di kampung mereka sendiri, mengolahnya sendiri, dan kemudian dapat duduk bersama untuk menikmati lezatnya menu masakan dari daging qurban.

Tahun-tahun sebelumnya mereka mendapat daging qurban hanya dari pembagian di wilayah sekitar kampong saja. Kegembiraan anak-anak Kampung Seng Surabaya, semakin tumpah ruah ketika lomba-lomba semarak hari kemerdekaan juga dilaksanaan bersamaan dengan event syukuran Qurban.

Sutarmi warga Kampung Seng mengungkapkan rasa terima kasihnya, atas kegiatan ini. "Terima kasih kepada Global Qurban ACT yang mewujudkan mimpi kami untuk bisa menyembelih hewan qurban di kampung kami sendiri, sehingga kampung kami semarak merayakan Iduladha tahun ini," ujarnya.

Terdapat beberapa agenda dalam kegiatan Syukuran Qurban ini, yaitu penyembelihan kambing, makan bersama, live mural, dan perlombaan untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.9540 seconds (0.1#10.140)