Diduga Peras Kabag Umum, Oknum LSM LIPAN Ditangkap

Senin, 12 Agustus 2019 - 21:59 WIB
Diduga Peras Kabag Umum, Oknum LSM LIPAN Ditangkap
Salah satu terduga pemeras Kabag Umum Setkab Gresik, Sukardi saat di Mapolres Gresik. Foto/SINDOnews/Ashadi Iksan
A A A
GRESIK - Dua oknum aktivis LSM LIPAN asal Sidoarjo, ditangkap petugas gabungan Polres Gresik, dan Kejari Gresik, karena dugaan kasus pemerasan, Senin (12/8/2019).

Salah satu korban dugaan pemerasan oleh dua oknum aktivis LSM LIPAN, adalah Kabag Umum Setkab Gresik, Sukardi, dengan meminta uang Rp50 juta.

Kedua aktivis LSM LIPAN itu adalah Jhonson, dan Panjaitan. Keduanya diamankan saat melakukan pemerasan di ruang Kabag Umum Setkab Gresik.

Kepala Seksi Intelejen Kejari Gresik, R. Bayu Pronosutopo menyatakan, penangkapan itu karena ada laporan atas adanya pemerasan di Bagian Umum. Tim gabungan bergerak cepat dan berhasil mengamankan kedua terduga. "Ini sedang diperiksa di unit Pidana Ekonomi," katanya.

Sementara itu, Kabag Umum Setkab Gresik, Sukardi kepada wartawan mengaku, didatangi dua orang itu dan mereka mengeluarkan ancaman. Bahkan, meminta uang sebesar Rp50 juta. Tapi tiba-tiba ada aparat.

"Kedatangan mereka diendus petugas. Saat digerebek posisi saya di ruang kerja, kedua orang itu berada di depan saya," katanya.

Diakuinya, bila dirinya tidak mempunyai uang sebanyak permintaan oknum LSM LIPAN itu. Namun, mereka tetap bersikeras meminta uang Rp50 juta tersebut.

Sedangkan Kanit Pidana Ekonomi Polres Gresik, Ipda Suparlan membenarkan bahwa kedua oknum LSM sudah diamankan. Mereka menjalani proses pemeriksaan di kantor. "Masih kami periksa, tunggu nanti," kata dia.

Barang bukti yang berhasil diamankan adalah uang Rp5 juta dan handphone milik pelaku yang berisi percakapan antara pelaku dan korban. "Dugaan sementara pelaku melakukan pemerasan," kata Ipda Suparlan.

Pihaknya belum bisa menjelaskan terkait modus operandinya. Sebab, saat ini masih dalam proses pemeriksaan.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.3512 seconds (0.1#10.140)