PDIP Jatim Sembelih Hewan Kurban dengan Konsep Go Green

Selasa, 13 Agustus 2019 - 13:06 WIB
PDIP Jatim Sembelih Hewan Kurban dengan Konsep Go Green
DPD PDIP Jatim baru melakukan penyembelihan hewan kurban karena Kongres di Sanur, Bali, baru berakhir Minggu (11/8/2019).Foto/SINDONews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - DPD PDIP Jatim baru melakukan penyembelihan hewan kurban di kantor DPD PDIP Jatim Jalan Kendangsari Industri Surabaya, Selasa (13/8/2019) hari ini.

Penyembelihan dilakukan hari ini karena banyak pengurus dan kader yang masih mengikuti Kongres V PDIP di Sanur-Bali yang baru berakhir Minggu (11/8/2019).

"Seperti kegiatan keagamaan lainnya, kurban rutin kami lakukan oleh Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Jatim, organ sayap keagamaan PDIP di hari tasyrik ketiga ini. Ini karena saat bertepatan Idul Adha pada 11 Agustus, masih banyak kader mengikuti Kongres di Bali," kata Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari Bisowarno, Selasa (13/8/2019).

Menurut Untari, daging kurban akan disalurkan ke masyarakat tidak mampu di sekitar kantor DPD. "Terlebih bagi kami, organisasi sosial politik, esensi dan pesan kurban menjadi penting dan relevan. Ini karena kurban bermakna ganda, kesalehan ritual dan kesalehan sosial. Tahun ini di Surabaya, kurban dilakukan di dua tempat, di DPC PDIP Kota Surabaya 9 ekor sapi dan di DPD 3 ekor sapi, juga sejumlah kambing," jelasnya.

Yang istimewa pada tahun ini, lanjut dia, PDIP Jatim memulai kurban dengan konsep Go Green, yakni tanpa penggunaan tas kresek plastik. Pembagian daging kurban menggunakan besek.

"Biar bumi kita sehat. Tidak hanya empati kepada sesama, tetapi juga empati terhadap lingkungan. Wujud rahmatan lil alamin. Kurban juga merupakan pesan yang kuat, terutama buat kader petugas partai di eksekutif maupun legislatif, untuk menyembelih sifat kebinatangan, seperti ketamakan dan kesewenangan," pungkasnya
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.4179 seconds (0.1#10.140)