alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bersih Desa, Kelurahan Sananwetan Gelar Kirab Buceng Guyub

Edi Purwanto
Bersih Desa, Kelurahan Sananwetan Gelar Kirab Buceng Guyub
Kelurahan Sananwetan, Kota Blitar, menggelar Kirab Buceng Guyub. Foto/Ist.

BLITAR - Tujuan kirab digelar untuk melestarikan budaya lokal agar tetap lestari, sehingga tetap terjaga dan Buceng Guyub bisa dikenal generasi muda Kelurahan Sananwetan.

Lurah Sananwetan, Heri Sukotjo mengatakan, Kirab Buceng Guyub jadi agenda rutin setiap tahun saat acara bersih desa. Sebanyak 17 Buceng yang di kirab berasal dari seluruh RW yang ada di Kelurahan Sananwetan, dan berisi hasil bumi yang ada di seluruh lingkunan.

Kirab Buceng Guyub juga sebagai ungkapan rasa syukur warga dan Kelurahan atas limpahan rejeki serta hasil alam, yang dipadukan dengan budaya lokal agar tetap terjaga turun temurun.



"Ini rangkaian bersih desa kita, tujuannya jelas, untuk melestarikan budaya tetua kita, agar dikenal dan tetap terjaga," ujar Heri saat ditemui di Makam Mbah Imam Soepingi.

Sementara itu, Camat Sananwetan, Heru Eko Pramono mengaku senang karena warga Kelurahan Sananwetan, sangat antusias menjaga tradisi dan kebiasaan yang sudah ada sejak lama.

Pihaknya berharap kegiatan ini terus berlangsung setiap tahun, agar semua yang ada di Kelurahan Sananwetan bisa tetap terjaga. "Kita dukung sepenuhnya semua agenda budaya di Sananwetan, semoga setiap tahun tetap lestari," ujar Heru.

Kelurahan Sananwetan menggelar Kirab Buceng Guyub, dimulai dari depan Kantor Kelurahan Sananwetan, menuju Jalan A Yani, Jalan Karimata, Jalan Mentawai, Jalan Kalimantan dan Finis di Makam Mbah Imam Soepingi. Selain diikuti seluruh RW di Kelurahan Sananwetan, kirab juga dihadiri Camat Sananwetan.



(eyt)

loading...