Gubernur Jatim Ajak Mahasiswa Baru UNS Bangun Toleransi

Kamis, 15 Agustus 2019 - 10:22 WIB
Gubernur Jatim Ajak Mahasiswa Baru UNS Bangun Toleransi
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa saat baru tiba dan akan memberikan kuliah umum bagi Mahasiswa Baru Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tahun akademik 2019/2020. Foto/Istimewa
A A A
SURAKARTA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memberikan kuliah umum bagi Mahasiswa Baru Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tahun akademik 2019/2020.

Di hadapan mahasiswa baru UNS di Auditorium GPH Haryo Mataram, Rabu (14/8/2019), orang nomor satu di Provinsi Jatim tersebut mengajak para generasi Z untuk mengukir prestasi kebangsaan seperti yang telah dilakukan oleh generasi sebelumnya.

Khofifah mengatakan, kuliah umum yang diberikan ini fokus untuk generasi Z. Yaitu generasi yang lahir antara tahun 1995 hingga 2010. Generasi ini memiliki tipologi yang berbeda jika dibandingkan generasi Alfa yang lahir setelah tahun 2011 serta dengan generasi sebelumnya yaitu generasi old dan now.

"Kita lihat generasi old yaitu Bung Karno di usianya yang ke-29 tahun sudah berani mendirikan partai. Kemudian Bung Hatta di usianya yang ke-24 tahun juga berani mendirikan pergerakan perhimpunan Indonesia. Yang ingin saya sampaikan kepada generasi Z yang hari ini usia tertinggi mereka 24 tahun yaitu banyak sekali tokoh-tokoh generasi old yang mengukir sejarah kebangsaan Indonesia," kata Khofifah di hadapan mahasiswa baru UNS yang mengikuti program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2019.

Khofifah mengatakan, untuk generasi now, sebagai contoh CEO Bukalapak, CEO Ruang Guru yang memiliki murid 13 jutaan hanya dengan aplikasi yang mereka ciptakan. Kedua orang ini tergolong masih muda namun bisa mengambil peluang dengan bisnis e-commerce.

Khofifah juga mengajak para generasi Z untuk membangun sikap toleransi. Sebab berdasarkan survai UIN Syarif Hidayatullah di 34 provinsi, generasi Z ini cenderung memikiki sikap intoleransi.

Di akhir kuliah umum, Khofifah mengajak mahasiswa baru UNS untuk bersama-sama menyanyikan lagu berjudul Tanah Airku. "Dengan lagu ini supaya generasi Z ini paham dan tahu bahwa yang kita makan ini dari hasil bumi Indonesia, serta kita hidup di Indonesia," kata Khofifah.

Sementara itu, Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho sangat memberikan apresiasi kepada Gubernur Jatim yang memberikan kuliah umum kepada Maru . Ini dikarenakan materi kuliah umum yang diberikan sangat menginspirasi. "Jadi Maru kita dorong untuk meningkatkan sikap toleransinya, kita dorong untuk mencintai tanah air serta kita dorong berbakti untuk negeri ini," pungkas Prof Jamal.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8110 seconds (0.1#10.140)