Bayi Kembar Siam Kendari Sudah Bisa Gerak dan Minum Air

Kamis, 15 Agustus 2019 - 13:48 WIB
Bayi Kembar Siam Kendari Sudah Bisa Gerak dan Minum Air
Tim dokter terus memantau perkembangan bayi kembar siam Kendati di Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD dr Soetomo Surabaya. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Kondisi bayi kembar siam asal Kendari Aqila dan Azila terus membaik. Mereka sudah bergerak aktif meskipun masih dalam kondisi ditidurkan di ruang ICU RSUD dr Soetomo Surabaya, Kamis (15/8/2019).

Ketua Tim Penanganan Kembar Siam RSUD dr Soetomo dr Agus Harianto SpA mengatakan, dalam masa adaptasi untuk melewati masa kritis ini, pihaknya berharap bisa segera dilalui dengan cepat. kedua bayi ini sudah mulai diberikan minuman dengan harapan adanya pertumbuhan di usus mereka.

"Mereka kami harapkan bisa segera keluar dari fase kritis dan tidak lagi berada di ruang ICU," kata Agus.

Menurut dia, masa pemulihan kritisnya adalah tujuh hari pertama setelah operasi pemisahan. Durasi itu bisa berkembang atau berkurang tergantung respon masing-masing bayi tersebut. "Kondisi mereka sudah bagus sekarang bisa bergerak-gerak dan juga sudah ada yang senyum," ujar dia.

Agus mengatakan, saat ini yang penting adalah pemberian nutrisi yang cukup sehingga infus bisa dilepas. Jika kondisi itu sudah dilakukan maka dua bayi ini bisa dikeluarkan dari ICU.

"Sementara itu yang harus diwaspadai adalah masalah infeksi pada kulit. Sebab area kulit yang rawan terkena infeksi ini cukup luas," jelas dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7446 seconds (0.1#10.140)