alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

74 Tahun Kemerdekaan, Polres Lumajang Gelar Lomba Gapura

Yuswantoro
74 Tahun Kemerdekaan, Polres Lumajang Gelar Lomba Gapura
Sambut hari kemerdekaan, Polres Lumajang, mengadakan lomba gapura. Foto/Ist.

LUMAJANG - Peringatan 74 tahun kemerdekaan Indonesia, jadi momentum bagi Polres Lumajang, membangun kebersamaan melalui lomba gapura bertema SDM Unggul Indonesia Maju.

Perlombaan ini diikuti oleh seluruh jajaran Polsek yang ada di wilayah Polres Lumajang, yakni sebanyak 21 Polsek. Gapura ini dibangun tepat di pintu masuk Polsek, dan dipasangi ornamen-ornamen yang menunjukan budaya lokal setempat.

Pemasangan ornamen bermuatan budaya lokal ini, tujuannya mengangkat kearifan lokal dan juga meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat agar tidak terjadi disintegerasi bangsa.



Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban mengungkapkan, peringatan kemerdekaan kali ini sengaja mengajak jajaran Polsek di Polres Lumajang, untuk mengusung kearifan lokal di daerah masing- masing, karena setiap kecamatan pasti punya ciri khas tersendiri.

"Selain kearifan lokal, lomba ini juga wajib mengangkat tema SDM Unggul Indonesia Maju. Agar budaya setempat tidak tergilas dengan budaya asing. Jangan sampai negara kita kehilangan identitas aslinya, dan tergantikan oleh budaya asing," tegasnya.

Dia mengaku, mulai Jumat (16/8/2019) akan berkeliling ke setiap Polsek yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang, bersama tim penguji lomba gapura.

"Saya memiliki kriteria tersendiri untuk kandidat juara. Saya harap hal ini dapat memicu masyarakat untuk mempertahankan kelestarian budaya setempat, agar tidak tergerus dengan perkembangan zaman," pungkas Arsal.



(eyt)

loading...