Teaterikal Rengas Dengklok, Cara SD Muhammadiyah 20 Sambut Kemerdekaan

Jum'at, 16 Agustus 2019 - 20:45 WIB
Teaterikal Rengas Dengklok, Cara SD Muhammadiyah 20 Sambut Kemerdekaan
Pelajar SD Muhammadiyah 20 Surabaya memainkan teaterikal penculikan Bung Karno sambut HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Jumat (16/8/2019). Foto/Ist
A A A
SURABAYA - SD Muhammadiyah 20 Tembok Dukuh, Surabaya, memiliki cara lain untuk menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Semangat kemerdekaan anak-anak Kota Pahlawan ini dicurahkan dalam teaterikal Rengas Dengklok, sebuah rekonstruksi penculikan Bung Karno.

Kepala SDM 20 Surabaya, Ustad Ain menuturkan, pagelaran teaterikal tersebut merupakan cara sekolah untuk mengenalkan peristiwa dibalik uforia yang setiap tahun diperingati seluruh masyarakat.

"Ketika yg lain lebih banyak euforia menyambut Agustus dengan berbagai lomba, kami menyajikan yangg berbeda," katanya.

Ustad Ain mengatakan, pihaknya ingin menegaskan pada anak didiknya bahwa di balik sukses proklamasi kemerdekaan ada perjuangan dan pro-kontra yang tidak mudah. Karena di sanalah para pemuda memainkan perannya dengan luar biasa.

"Kita ingin mengangkat fakta sejarah yg sering luput dari perhatian generasi muda setiap HUT RI,"ujarnya.

Dalam teaterikal, seluruh aktor memperagakan peran anak-anak muda yang bergerak cepat. Mereka mengambil langkah tepat dan dengan perhitungan akurat menyikapi momentum, hingga terjadilah penculikan di Rengas Dengklok dan kemerdekaan pun diproklamasikan.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5958 seconds (0.1#10.140)