Kibarkan Merah Putih di Lereng Argopuro, Rela Panjat Tebing 74 Meter

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 13:07 WIB
Kibarkan Merah Putih di Lereng Argopuro, Rela Panjat Tebing 74 Meter
Dua pemanjat tebing saat mengibarkan Merah Putih di Lereng Argopuro dalam rangka upacara peringatan HUT ke-74 kemerdekaan RI.Foto/Inews/Hana Purwadi
A A A
PROBOLINGGO - Persatuan Panjat Tebing Probolinggo menggelar upacara HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kali Pedati, lereng Gunung Argopuro, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (17/8/2019). Dalam pengibaran bendera berukuran raksasa ini, dua orang memanjat tebing setinggi 74 meter.

Kegiatan ini sebagai bentuk rasa cinta tanah air dan kepedulian para pemuda pecinta tebing untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI. Untuk sampai ke lokasi, puluhan peserta berjalan kaki sekitar 15 kilometer (km). Sampai di kawasan Air Terjun Kali Pedati, lereng Gunung Argopuro, mereka menggelar upacara dan mengibarkan bendera Merah Putih raksasa.

Dua orang yang bertugas mengibarkan bendera harus memanjat tebing setinggi 74 meter, sesuai dengan HUT Kemerdekaan RI yang tahun ini sudah 74 tahun. Diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya, para pemanjat tebing membawa bendera raksasa tersebut hingga menuju puncak tebing.

Salah satu pemanjat tebing, Azriel Elmiski mengaku bangga karena berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di ketinggian 74 meter. Meskipun tidak mudah saat memanjat tebing, dia dan teman-temannya senang karena bisa menyelesaikan tugas itu.

“Tadi naiknya susah karena tebingnya terlalu vertikal. Waktu naik, kadang kami harus bergelantungan lama. Tapi, akhirnya kami sampai di atas setelah setengah jam panjat tebing. Rasanya senang dan bangga berhasil setelah sebelumnya kami melakukan persiapan lima hari,” kata Azriel.

Sementara Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko yang menjadi inspektur upacara bendera HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Kali Pedati mengatakan, upacara bendera itu sengaja digelar di sana untuk menanamkan semangat cinta tanah air. Tak hanya itu, melalui kegiatan tersebut, mereka ingin menunjukkan berbagai potensi wisata di Probolinggo.

“Kita bangga, ini sekaligus untuk menunjukan wisata di Probolinggo. Jadi di sini bukan hanya Bromo saja, masih banyak objek wisata lain seperti Gunung Argopuro ini,” kata Timbul.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.2573 seconds (0.1#10.140)