Marinir AS Ikut Rayakan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 16:58 WIB
Marinir AS Ikut Rayakan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia
Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC), mengiki berbagai lomba di hutan Selogiri Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (17/08/2019). Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
BANYUWANGI - Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC) ikut merayakan HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Hutan Selogiri Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (17/08/2019).

Prajurit Marinir ini yang tergabung dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) 2019 mengikuti berbagai perlombaan yang seru dan lucu.

Aksi tersebut disaksikan Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo, Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasiops Yonif 3 Mar Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung, Kapten USMC Alfarado dan Lettu USMC Clark tersebut

Lomba yang dipertandingkan di antaranya balap bakiak, balap karung, memindahkan tepung estafet, memindahkan belut, memasukkan pensil ke dalam botol secara tim dan panjat pinang.

Marinir AS Ikut Rayakan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia


Perserta maupun para penonton begitu meriah saat menyaksikan Marinir kedua negara itu mengikuti perlombaan. Kebersamaan dan kerja sama prajurit Marinir Indonesia - Amerika ditunjukkan saat mereka mengikuti lomba.

Semua perlombaan yang diikuti prajurit Marinir kedua Negara tersebut berlangsung sangat menarik. Sebab semua perlombaan dilakukan secara gabungan, yaitu Marinir Indonesia–Amerika berbaur menjadi satu.

Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesa.

Selain itu, juga sebagai sarana memperkenalkan budaya asli Indonesia kepada Marinir Amerika serta sebagai wahana mempererat persahabatan Marinir kedua Negara.

“Kegiatan ini juga sebagai sarana refresing bagi prajurit Marinir kedua negara, setelah sekian hari melaksanakan materi latihan,” jelas dia.

Sementara itu, Kapten USMC Alfarado yang juga ikut dalam lomba panjat pinang menyampaikan rasa senangnya dengan pengalaman baru yang didapatnya saat mengikuti lomba panjat pinang. Sebab lomba tersebut belum pernah dilakukan selama ini.

Dia mengatakan, prajurit USMC awalnya malu-malu dalam melakukan perlombaan namun setelah mengetahui cara permainannya, mereka langsung berbaur dan bekerja sama dengan Marinir Indonesia dalam mengikuti perlombaan. “Selamat ulang tahun ke 74 Republik Indonesia,” pungkas dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.8009 seconds (0.1#10.140)