Ansor Gelar Tahlil Kebangsaan di Makam Wakil Rois Akbar PBNU

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 17:43 WIB
Ansor Gelar Tahlil Kebangsaan di Makam Wakil Rois Akbar PBNU
Para anggota Ansor dan Banser saat berdoa di acara Tahlil Kebangsaan di makam KH Faqih Maskumambang, Sabtu (17/8/2019). Foto/SINDOnews/Ashadi Iksan
A A A
GRESIK - Ratusan anggota Ansor dengan Banser menggelar Tahlil Kebangsaan di makam Wakil Rois Akbar KH Faqih Maskumambang di Kecamatan Dukun, Gresik, Sabtu (17/8/2019).

“Kami ingin ngalaf barokah, juga mengenang beliaunya, karena merupakan salah satu muassis Nahdlatul Ulama,” kata Ketua PC GP Ansor Gresik Agus Junaidi Hamzah.

Tidak hanya Ansor dan Banser dari PAC Dukun, mereka juga datang dari PAC se-Kabupaten Gresik. Hadir pula cucu KH Faqih yaitu KH Muhtadin Muntaqo yang tinggal di Karangbinangun Lamongan.

Sebelum tahlil, para anggota Ansor yang dipimpin Kasatkorcab H Mu’anan menyanyikan lagi Indonesia Raya, Subbanul Wathon, Mars Ansor dan Mars Banser.

Agus menyebut, sebagai bentuk takdim kepada KH Faqih, Ansor balal melakukan perbaikan makam. Diantaranya dengan membangun gapuro di TPU Dukun bila ada makam pahlawan. “Ini yang sekarang kami pikirkan,” ujar dia.

Sementara itu, KH Muhtadin Muntaqo menyatakan, selain KH Faqih ada lagi putranya KH Khamid yang juga ikut cawe-cawe saat pendirian NU oleh KH Hasyim Asy’ari.

“Biasanya, kalau ada undangan pembahasan NU, KH Faqih mengutus KH Khamid,” kata dia.

Selain itu, KH Muhtadin mengatakan, bila antara KH Hasyim dengan kakekny itu usianya beda 18 tahun. Lebih tua kakeknya, sehingga kerap kali Mbah Hasyim berkonsultasi dengan KH Faqih.

“Antara KH Faqih dengan Mbah Hasyim itu teman di pesantren Mbah KH Kholil di Bangkalan,” pungkas dia.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7206 seconds (0.1#10.140)