Senyum Anak Penyintas Sampang di Hari Kemerdekaan

Senin, 19 Agustus 2019 - 07:31 WIB
Senyum Anak Penyintas Sampang di Hari Kemerdekaan
Anak-anak pengungsi dari Sampang ketika mengikuti Field Trip Goes to Taman Safari Prigen. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Komunitas U Save Children berkolaborasi bersama Nera Academia menggelar acara Field Trip Goes to Taman Safari Prigen bagi anak penyintas, Minggu (18/8/2019).

Acara ini sekaligus memperingati HUT ke-74 RI sebagai wujud kemerdekaan anak-anak kurang beruntung untuk mendapat kebahagiaan yang setara. Dibuka dengan upacara bendera dan lagu penggugah semangat nasionalisme.

Lely Yuana, Lead of U.S.C mengatakan, jika field trip merupakan salah satu bentuk komitmen komunitas untuk menghadirkan kebahagiaan bagi anak-anak. “Sebagai langkah kecil kami menghadirkan visi dalam hidup setiap anak agar memiliki impian akan masa depan yang lebih baik,” terang Lely.

Latar belakang kegiatan U.S.C ini melalui wawancara singkat dengan Nera Academia sebagai pendamping di Kelas Tunas, tempat anak-anak pengungsi dari Sampang mendapatkan pendidikan terbaik.

“Kami memberikan banyak pilihan tentang keinginan anak-anak, hak setiap anak mendapat fasilitas bermain dan belajar yang memadai dan sebagainya. Mereka ingin pergi ke kebun binatang,” tambahnya.

Dengan dukungan donatur dan relawan, misi sosial tersebut terwujud. U Save Children mengantar anak-anak yang telah enam tahun berada di pengungsian untuk menikmati wisata alam sekaligus belajar tentang satwa dan lingkungan.

Meskipun baru pertama kali keluar dari kawasan pengungsian di Rusunawa Jemundo, terlihat keberanian dan senyum yang tiada henti selama perjalanan menikmati berbagai wahana di Taman Safari.

Seperti konservasi lumba-lumba, atraksi burung, atraksi harimau, dan safari adventure. Tidak ketinggalan aneka hadiah dengan menjawab pertanyaan menjadi daya tarik bagi anak-anak untuk berani maju menyuarakan fikiran.

“Mereka adalah anak-anak yang luar biasa, berani mengutarakan pendapat, optimis dan penuh keceriaan,” tandas Lely.

Sebelumnya, orang tua sempat berat mengijinkan anak-anak tersebut untuk bepergian mengingat mereka tidak pernah keluar dari area tempat tinggal. Namun dengan usaha dari para relawan Nera Academia, acara yang telah digagas sejak dua bulan ini terlaksana.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9341 seconds (0.1#10.140)