Rektor Unej Ajak 7.948 Mahasiswa Baru Manfaatkan Kesempatan Kuliah

Senin, 19 Agustus 2019 - 19:45 WIB
Rektor Unej Ajak 7.948 Mahasiswa Baru Manfaatkan Kesempatan Kuliah
Rektor Universitas Jember Moh Hasan saat melantik mahasiswa baru angkatan 2019, Senin (19/8/2019).Foto/ist
A A A
JEMBER - Sebanyak 7.948 mahasiswa baru Universitas Jember (Unej) angkatan 2019 dilantik rektor di stadion universitas, Senin (19/8/2019).

Rektor Universitas Jember melantik 7.948 mahasiswa baru Universitas Jember angkatan 2019 di stadion Universitas Jember (19/8). Mahasiswa tersebut terdiri dari 7.177 mahasiswa jenjang sarjana, dan 711 mahasiswa jenjang diploma.

Jumlah mahasiswa baru tersebut diterima Universitas Jember dari enam jalur masuk, yakni jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) Diploma, Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR), Alih Jenis jenjang diploma ke sarjana, dan jalur Afirmasi mahasiswa asal Papua dan Daerah 3T (Tertinggal, Terluar dan Terdepan).

Menurut Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Zulfikar, animo pendaftar ke Universitas Jember melalui jalur SNMPTN mencapai 21.663 siswa. Sementara dari jalur SBMPTN mencapai 40.173 orang. Angka ini mejadikan Universitas Jember sebagai PTN nomor delapan di Indonesia dengan animo terbesar di jalur SBMPTN. Dari jalur PMDK-Diploma sebanyak 624 siswa, jalur SBMPTBR ada 19.298 orang, dan dari jalur Alih Jenis ada 100 peserta.

“Secara keseluruhan dari semua jalur masuk, ada 81.901 peminat yang ingin kuliah di Kampus Tegalboto, namun hanya 10,87 persen saja atau 8.903 yang diterima di tahun ini. Dari jumlah tersebut 7.948 calon mahasiswa baru melakukan registrasi ulang. Namun data ini belum mencakup mahasiswa baru Program Pascasarjana,” jelas Zulfikar.

Seperti diketahui, saat ini Universitas Jember memiliki empat kampus, di Tegalboto Jember, di Bondowoso, Lumajang dan yang terbaru di Pasuruan. Di kampus Bondowoso terdapat 363 mahasiswa baru, sementara di kampus Lumajang ada 111 mahasiswa baru, dan kampus Pasuruan menerima 85 mahasiswa baru.

“Tahun ini Universitas Jember juga menerima 29 orang mahasiswa baru dari jalur Afirmasi Mahasiswa asal Papua dan Daerah 3T. Sementara untuk mahasiswa asing ada 8 orang, mereka berasal dari Pattani, Thailand sebanyak 7 orang dan satu orang dari Madagaskar,” imbuh Zulfikar.

Sementara itu dalam sambutan pelantikannya, Rektor Universitas Jember Moh Hasan meminta semua mahasiswa baru memanfaatkan kesempatan menuntut ilmu di perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi negeri (PTN) dengan sebaik-baiknya. Pasalnya tidak semua anak bangsa mendapatkan kesempatan ini.

“Mari implementasikan rasa syukur diterima di PTN dengan giat belajar. Manfaatkan masa kuliah dengan mencari ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya, tidak melulu di bangku kuliah tapi juga dengan mengikuti berbagai organisasi kemahasiswaan. Jadikan Kampus Tegalboto, sebagai kawan candradimuka penempaan Anda dalam rangka menggali ilmu sesuai bidangnya masing-masing sebab Anda calon penerus bangsa Indonesia,” kata Moh. Hasan.

Selanjutnya para mahasiswa baru akan mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dilaksanakan dari tanggal 19 Agustus hingga 23 Agustus 2019 di masing-masing fakultas.

Kegiatan PKKMB akan dilanjutkan dengan Pelatihan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan yang diadakan di Secaba Rindam V Brawijaya. Khusus untuk Kampus Bondowoso, Lumajang dan Pasuruan, maka kegiatan Pelatihan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan bekerjasama dengan Kodim setempat.

“Kegiatan PKKMB dimaksudkan membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan dunia kampus yang berbeda dengan masa sekolah di SMA. Sementara kegiatan Pelatihan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan diharapkan menumbuhkan rasa cinta tanah air sekaligus membentengi mahasiswa baru dari bahaya radikalisme, serta narkoba,” tutur Rektor Universitas Jember.

Di kesempatan yang sama Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol menjelaskan, mengingat terdapat empat kampus, maka pelantikan mahasiswa baru Universitas Jember angkatan tahun 2019 dilakukan secara bertahap.

“Hari ini Rektor melantik mahasiswa baru di kampus Jember dan Bondowoso, sementara di hari Selasa, 20 Agustus 2019 giliran mahasiswa baru di kampus Lumajang dan Pasuruan yang dilantik,” katanya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7395 seconds (0.1#10.140)