GM FKPPI Jatim: Rakyat Papua Adalah Kita

Selasa, 20 Agustus 2019 - 17:10 WIB
GM FKPPI Jatim: Rakyat Papua Adalah Kita
Ketua GM FKPPI Jatim, R Agoes Soerjanto.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Kebhinnekaan adalah kekuatan persatuan dan kesatuan yang harus dirawat oleh seluruh rakyat Indonesia. Termasuk rakyat Papua. Karena wilayah Papua dan rakyat Papua berada dalam bingkai NKRI dan Pancasila.

Menurut Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim, Ir R Agoes Soerjanto, hajatan nasional, berupa Pemilu 2019 sudah sukses dan berjalan dengan damai, semua pihak sudah bergandengan tangan untuk bersama-sama membangun Indonesia lebih maju dan berkeadaban.

“Dalam insiden yang terjadi di Kota Malang dan Surabaya, harus disikapi dengan sangat bijaksana. Harus betul-betul berhati-hati dalam menyikapinya. Fakta lapangan menjadi landasannya untuk mencari solusinya,” katanya, Selasa (20/8/2019).

Pada Kamis (15/8/2019) pagi, di Kota Malang, ada aksi dari mahasiswa asal Papua, mereka membawa beberapa tuntutan. Salah satunya, mereka mengecam penandatanganan perjanjian di Gedung PBB di Amerika Serikat mengenai proses peralihan administrasi pemerintahan Papua Barat dan pengaturan proses referendum tahun 1969.

Menurut para demonstran perjanjian tersebut adalah awal dari penjajahab atas rakyat papua yang dilakukan oleh bangsa Indonesia. “Hal itu inti dan kepentingan yang dibawa dalam aksi mahasiswa asal Papua di Kota Malang. Saat aksi berjalan damai, tiba-tiba berubah menjadi anarkis, ada lempar-lempar batu ke pertokoan dan pengrusakan serta memblokade Jalan Basuki Rachmat (Kadjoetangan),” kata Agoes.

Melihat suasana tersebut, para pengguna jalan dan warga yang ada di sekitar lokasi, yang berencana akan menonton pertandingan Arema FC melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, merasa terganggu dan emosi. Tanpa terkontrol warga dan pengguna jalan tersulut dan melakukan perlawanan.

Namun, karena dilokasi ada pihak keamanan, dari kepolisian dan personel TNI serta Satpol PP Kota Malang, harus melakukan tindakan pengamanan supaya kericuhan tersebut tidak berlanjut dan jalanan tidak terganggu. “Akhirnya, teman-teman mahasiswa asal Papua, diamankan dibawa ke lokasi lain yang lebih aman. Sama sekali tidak ada intimidasi dan kekerasan pada teman-teman mahasiswa pasca insiden itu,” tegas Agoes.

Setelah insiden tersebut, Malang dan kondisi mahasiswa asal Papua di Malang, aman dan damai. Tidak ada gerakan dan tindakan apapaun. Baru kembali mencuat, setelah ada insiden lagi di Surabaya. Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, sudah sepakat bahwa NKRI harga mati dan Pancasila sudah final.

“Siapapun yang ingin merusak NKRI dan Pancasila, adalah lawan rakyat Indonesia. Namun, teman-teman Papuan tidak demikian. Mereka tetap cinta NKRI dan Pancasila,” jelasnya.

Agoes mengajak, semua generasi muda yang mencari ilmu atau kuliah di Malang, untuk bersama-sama hidup rukun, menjaga kedamaian, kebhinnekaan dan satu jiwa mencintai NKRI dan Pancasila. Kota Malang katanya adalah kota yang aman untuk mencari ilmu, sebagai miniatur nasional kota pendidikan, ada di Kota Malang.

“Kami PD XIII GM FKPPI Jatim, sangat mendukung dan siap untuk selalu bergandeng tangan mengisi kemerdekaan bansga kita ini bersama siapapun, terutama teman-teman mahasiswa asal Papua di Malang. Mereka adalah saudara kita. Rakyat Papua adalah kita,” katanya.

Jika ada tindakan yang menyinggung perasaan masyarakat Papua atas nama warga Kota Malang, keluarga besar GM FKPPI, dan Aremania, Agoes memohon maaf. “Saat ini, mari bersama-sama merajut persatuan dan kesatuan. Isi kemerdekaan ini dengan baik dan benar,” katanya.

Jika teman-teman mahasiswa asal Papua di Malang dan di Surabaya, menuntut keadilan kepada pemerintah, untuk kebaikan Papua dan sekitarnya kata Agoes, GM FKPPI Jatim siap berjuang bersama. “Karena untuk mendapatkan keadilan dari negara, itu hak setiap warga negara,” ujar Agoes.

Selain itu, Agoes juga menegaskan bahwa informasi yang beredar soal rencana pemulangan mahasiswa asal Papua di Malang, hal itu adalah informasi yang tidak utuh. “Tidak ada maksud pemerintah daerah Kota Malang itu akan memulangkan mahasiswa asal Papua di Kota Malang,” pungkasnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8165 seconds (0.1#10.140)