alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hindari Konflik, Khofifah Bangun Asrama Mahasiswa Nusantara

Lukman Hakim
Hindari Konflik, Khofifah Bangun Asrama Mahasiswa Nusantara
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa akan membangun asrama mahasiswa Nusantara. Foto/Ist.

SURABAYA - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa berencana membangun Asrama Mahasiswa Nusantara untuk mahasiswa dari seluruh Indonesia, yang menimba ilmu di Jatim.

Keberadaan asrama tersebut diharapkan mampu menyatukan berbagai perbedaan dari suku, ras dan agama di Indonesia.

Orang nomor satu di Jatim itu mengatakan, mahasiswa dari berbagai daerah memang lebih bagus untuk disatukan dalam satu asrama. Bukan di asrama dari satu daerah saja.



Menurutnya, hal ini akan membuat mahasiswa saling memahami adat hingga kebudayaan satu sama lain. "Kita masih memikirkan anggaran operasional tahunannya itu dari mana. Apakah dari APBD ataukah dari APBN," katanya, Selasa (20/8/2019).

Dalam asrama tersebut akan diisi beberapa mahasiswa Papua, mahasiswa Sumatera, Sulawesi, Kalimantan hingga Jawa. Dengan hidup berdampingan dengan beragam suku, bahasa hingga adat istiadat, rasa saling menghargai, memahami, kepercayaan dan toleransi akan muncul.

"Jadi ini sebenarnya memori kita semua, bagaimana sebetulnya Jong Java, Jong Celebes, Jong Borneo, itu semua mereka kemudian mengikrarkan dirinya dalam NKRI," papar Khofifah.

Ketua Umum PP Muslimat NU itu juga berencana akan mengadakan program sister province dengan Papua. Sehingga, hubungan Jatim dengan pulau paling timur Indonesia itu bisa semakin erat. Program ini juga untuk peningkatan kualitas SDM.

"Kerja sama antar provinsi iniĀ  juga akan menyangkut tentang pelatihan vokasi. Saya kira banyak hal yang berkaitan dengan kualitas SDM yang bisa dilakukan. Sama-sama kita akan berikhtiar meningkatkan kualitas SDM kita," pungkas Khofifah.



(eyt)

loading...