Tour De Indonesia 2019, Polres Lumajang Siapkan Jalur Alternatif

Selasa, 20 Agustus 2019 - 21:10 WIB
Tour De Indonesia 2019, Polres Lumajang Siapkan Jalur Alternatif
Masyarakat yang melintas di wilayah Kabupaten Lumajang, perlu memperhatikan pengalihan arus lalulintas untuk kegiatan Tour De Indonesia 2019. Foto/Ist.
A A A
LUMAJANG - Balap sepeda internasional kembali di helat di Indonesia, Senin-Jumat (19-23/8/2019). Sebanyak 90 pebalap dari 20 tim dan dari 26 negara pun turut ambil bagian.

Perlombaan balap sepeda ini melintasi dua pulau di Indonesia, yakni Pulau Jawa, dan Pulau Bali, menempuh total jarak 825,2 kilometer (km) dan dibagi dalam lima etape.

Wilayah Kabupaten Lumajang, masuk dalam jalur perlombaan tersebut, yakni di etape ke-3, dan besok Rabu (21/8/2019) akan dilewati oleh peserta, yang melaju dari Kota Batu, menuju ke Jember, menempuh jarak sejauh 195,90 Km.

Wilayah Kabupaten Lumajang, yang akan dilewati oleh rombongan pembalap mulai dari Jalan Raya Ranuyoso-Klakah-Kedung Jajang-Terminal Wonorejo-Randuagung-Jatiroto. "Jalur akan disterilkan dari kendaraan, sejak satu jam sebelum dilintasi rombongan pembalap," tegas Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban.

Untuk mengantisipasi kemacetan, Satlantas Polres Lumajang telah menyiapkan tiga jalur alternatif bagi kendaraan lain agar tidak bersinggungan dengan rute yang dilalui oleh pesepeda.

Jalur alteratif yang bisa digunakan antara lain, Ranubedali tembus rel KA Klakah, Jalur Rel KA Klakah keluar di SPBU Klakah, SPBU Klakah keluar Banyu Putih.

Selain itu ada pula jalur alternatif dari arah Jember, menuju Probolinggo, yakni sebanyak empat alternatif, yakni simpang tiga Kedungjajang keluar Klakah, simpang tiga PDAM Grobokan, keluar di Pasar Klakah, simpang empat Ranuyoso, keluar Desa Wonoayo, utara rel KA Wates Wetan keluar batas Kota Lumajang.

"Sebuah kebanggan tersendiri bagi masyarakat Lumajang, dimana wilayah kami dilalui dalam acara Tour De Indonesia. Saya mengajak seluruh warga Kabupaten Lumajang untuk mensukseskan dengan menonton secara tertib dan ikuti arahan petugas di jalanan," tutur Arsal.

"Selain itu saya berharap agar pengguna jalan untuk memilih jalur alternatif yang telah kami sediakan. Jika memang mendesak, kami juga telah menyiapkan beberapa kantong parkir di sepanjang lintasan balapan. Inilah salah satu cara kita dikenal oleh masyarakat nasional bahkan dunia, bahwa warga Kabupaten Lumajang berpartisipasi dalam kesuksesan Tour De Indonesia," terangnya.

"Saya juga akan menyiagakan Tim Cobra Polres Lumajang, yang akan bersiaga di perbatasan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan. Kegiatan internasional ini harus sukses karena menyangkut identitas bangsa. Budaya kita dan keramahtamahan masyarakat Indonesia, akan dikenang oleh para peserta Tour de Indonesia," pungkasnya.

Kasatlantas Polres Lumajang, AKP I Gede Putu Atma Giri mengatakan, ada tujuh titik kantong parkir bagi yang terlanjur memasuki jalur balapan. "Kami menyiapkan tujuh kantong parkir bagi kendaraan yang terlanjur masuk ke jalu balapan. Ke tujuh kantong tersebut berada di SPBU Sukodono, SPBU Labruk Lor, Timbangan Lempeni, Depot Brasil, SPBU Kedungjajang, JLT Utara, dan JLT Selatan. Saya berharap semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar," tutup Giri.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0729 seconds (0.1#10.140)