Koin Indonesia di Piala Dunia 1974, Dibuat Cuma 3 Keping

Jum'at, 14 September 2018 - 05:06 WIB
Koin Indonesia di Piala Dunia 1974, Dibuat Cuma 3 Keping
Koin Indonesia pecahan Rp2.000 yang digunakan wasit Jack Taylor saat mengundi pada Final Piala Dunia 1974. Foto/Istimewa
A A A
BAGI Indonesia final Piala Dunia 1974 yang mempertemukan tim tuan rumah Jerman (Barat) melawan Belanda memiliki kenangan tersendiri.

Sebab, wasit Jack Taylor asal Inggris yang memimpin partai final tersebut menggunakan koin Indonesia pecahan Rp2.000 untuk mengundi kesebelasan yang memperoleh bola pada awal pertandingan.

Bukan sembarang koin, Jack Taylor memilih koin ini karena memiliki gambar menarik di kedua sisinya dan beratnya yang pas. Koin seberat 25,31 gram yang dikeluarkan pada 1974 itu memiliki dua sisi, yaitu gambar Garuda dengan teks Bank Indonesia dan Macan Jawa pada gambar sisi lain.

Istimewanya lagi, koin tersebut hanya tersedia tiga keping dan dana penjualan koin tersebut digunakan untuk penyelamatan satwa langka di Indonesia. Sebab, koin tersebut khusus yang dibuat Bank Indonesia bekerja sama dengan Lembaga Konservasi Dunia (IUCN) dan Lembaga Konservasi Alam (WWF).

Kapten Jerman Franz Anton Beckenbauer yang sebelum kick off babak pertama bersama Kapten Belanda Johan Cruyff menyaksikan pengundian, dibuat penasaran dengan koin yang sebutan resminya, adalah Conservation Coin Collection WWF.

Saat jeda setelah babak pertama, legendaris Jerman ini mendekati Taylor untuk melihat koin Indonesia yang dicetak perusahaan asal Inggris Royal Mint. Pemain yang dijuluki Der Kaiser ini bertanya mengapa Taylor sebagai orang Inggris menggunakan koin Indonesia bukan koin asal negaranya.

Namun, Taylor tidak menjawab dan hanya memberikan senyum ke wajah penasaran Beckenbauer. Taylor sangat beruntung bisa mendapat satu koin ini secara gratis. Hal tersebut diungkapkan Guardian saat mewawancarai Jack Taylor tahun 2000-an.

Koin yang hanya dibuat tiga keping itu dipasarkan untuk para kolektor dan dilelang dengan harga yang tinggi. Pada 2006, koin bersejarah tersebut dilelang dengan harga mencapai Rp150 juta dan kabarnya di beli oleh seorang pengusaha di Inggris.

Diketahui, Jack Taylor wasit Inggris pertama yang memimpin pertandingan final Piala Dunia. Dia meninggal dunia pada usia 82 tahun di kediamannya di Shropshire pada Jumat 27 Juli 2012.

Pada Piala Dunia 1974, keluar sebagai juara dunia adalah tuan rumah Jerman Barat setelah mengalahkan Belanda dengan skor 2-1.

Diolah dari berbagai sumber.
Bolaindonesia2.blogspot.com
Okezone.com
Historia
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6994 seconds (0.1#10.140)