Nasdem Sebut Kader NU Layak Jabat Ketua DPRD Kota Surabaya

Rabu, 21 Agustus 2019 - 22:26 WIB
Nasdem Sebut Kader NU Layak Jabat Ketua DPRD Kota Surabaya
Gladi besih prosesi pelantikan anggota DPRD Kota Surabaya. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Sebanyak 50 wakil rakyat DPRD Kota Surabaya, siap menghuni Gedung Yos Sudarso. Jika tidak ada aral melintang, prosesi pelantikan akan digelar Sabtu (24/8/2019).

Pasca pelantikan barulah susunan perangkat dewan mulai dibentuk. Dari jumlah perolehan kursi, PDIP menjadi partai pemenang. Yakni, meraih 15 kursi anggota dewan.

Praktis jabatan Ketua DPRD Surabaya, akan kembali diduduki kader partai berlambang Kepala Banteng Moncong Putih.

Sementara untuk porsi wakil ketua akan diperebutkan oleh empat fraksi. Yakni, Gerindra, PKS, PKB dan Golkar. Masing-masing memiliki kekuatan yang sama. Lima kursi.

Meski belum meraih total kursi maksimal, namun Partai Nasdem berharap PDIP bisa mendudukkan kader partai dari kalangan Nahdliyin.

"Meski tidak harus juga. Namun kalau bisa itu malah bagus," tutur Politisi Nasdem, Imam Syafii.

Ditemui seusai gladi bersih pelantikan anggota DPRD Kota Surabaya, Rabu (21/8/2019) sore, Imam menyebutkan, masih ada warga Nahdliyin yang kehidupannya masih menengah ke bawah.

"Maka itu tugas berat. Kalau kita ngomong gerakan masyarakat Kota Surabaya, adalah warga Nahdliyin yang terbanyak di dalamnya," imbuh Wakil Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jatim ini.

Ia menerangkan, legislator merupakan mitra dari Pemkot Surabaya. Tentunya komunikasi yang terjalin antara eksekutif dan legislatif harus mesra.

Mantan jurnalis ini menilai, pengalaman sebelumnya menunjukkan belum adanya kekompakan. "Antara wali kota dengan Ketua DPRD nya kurang cek and balance, meski satu partai," ucap Imam.

DPRD, kata Imam, harus bersifat kritis. Sebab mempunyai peran penting dalam mengemban amanah warga Kota Surabaya.

"Kita ingin jadi mitra kritis. Dewan punya peran penting. Sesuai dengan tagline 100 Tahun Indonesia SDM maju dan unggul," tegasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.1072 seconds (0.1#10.140)