Tim SAR Gabungan Berhasil Temukan Jenazah Suwali di Laut

Kamis, 22 Agustus 2019 - 16:16 WIB
Tim SAR Gabungan Berhasil Temukan Jenazah Suwali di Laut
Tim SAR saat melakukan pencarian perairan laut Besuki. Foto /Ist.
A A A
SITUBONDO - Tim SAR gabungan berhasil menemukan jenazah Hor Suwali (62) di perairan laut Besuki, Kamis (22/8/2019) pukul 09.10 WIB, dalam kondisi terapung di laut.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember, Asnawi Suroso mengatakan, jenazah Suwali ditemukan di perairan laut arah timur laut dari kecamatan Besuki, di lokasi yang berada pada koordinat 07° 38' 53.82" S 113° 44' 18.27" E.

Jika ditarik garis lurus dari titik koordinat lokasi kejadian hilangnya Suwali hingga ke titik koordinat penemuan jenazahnya, lanjut Asnawi, maka penyisiran yang telah dilakukan SRU laut adalah sejauh 6,69 mil laut hingga akhirnya menemukan keberadaan korban.

Setelah berhasil dievakuasi dari lokasi penemuan ke Posko SAR, selanjutnya jenazah Suwali dibawa tim SAR gabungan ke RSUD Besuki untuk diproses lebih lanjut oleh petugas yang berwenang, sebelum diserahkan kepada pihak keluarga.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, tim SAR gabungan telah berupaya mencari keberadaan Suwali dengan merahkan sebanyak tiga SRU (Search and Rescue) laut dan satu SRU darat.

SRU laut pertama melakukan penyisiran di sektor satu dengan luas daerah penyisiran sekitar 7,78 Mil Laut. SRU laut kedua melakukan penyisiran di sektor dua dengan luas daerah penyisiran sekitar 2,74 Mil Laut. SRU laut ketiga melakukan penyisiran di sektor tiga dengan luas daerah penyisiran sekitar 2,79 Mil Laut.

Di saat yang bersamaan, satu SRU darat melakukan penyisiran di sepanjang pesisir pantai Besuki dengan jarak tempuh sekitar delapan kilometer. Di sela penyisiran darat ini, personel SRU darat menyebarluaskan informasi kejadian tenggelamnya korban kepada warga dan nelayan yang beraktivitas di sepanjang pantai Besuki.

"Penyebarluasan informasi ini dimaksudkan agar apabila ada warga atau nelayan yang mengetahui keberadaan korban, maka diharapkan untuk segera melaporkannya kepada petugas," ujarnya.

Upaya pencarian keberadaan korban ini melibatkan peran serta unsur SAR gabungan, diantaranya tim operasi Pos SAR Jember, BPBD kabupaten Situbondo, Koramil Besuki, Polsek Besuki, SAR OPA Jember, Satpolair Situbondo, TAGANA Situbondo dan warga sekitar.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7475 seconds (0.1#10.140)