Marinir Indonesia Ajari Marinir Amerika Cara Bertahan Hidup

Kamis, 22 Agustus 2019 - 17:41 WIB
Marinir Indonesia Ajari Marinir Amerika Cara Bertahan Hidup
Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC) belajar survival di hutan tropis Selogiri Ketapang, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Kamis (22/08/2019). Foto/Ist.
A A A
BANYUWANGI - Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC), melaksanakan latihan Jungle Survival, dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) 2019

Latihan bertahan hidup tersebut, dilaksanakan di hutan tropis Selogiri Ketapang, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (22/08/2019).

Kegiatan ini dipantau langsung Letkol USMC Paik, Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Mar. Eko Budi Prasetyo, Perwira Interpreter Mayor Mar. Anton Waris Kuncoro, Pasiops Yonif 3 Marinir Mayor Mar. Iskandar Muda Tanjung, Pabandya Sops Kormar Kapten Mar. Bagus Sutrisno, dan Kapten USMC Alfarado.

Marinir Indonesia Ajari Marinir Amerika Cara Bertahan Hidup


Melalui latihan ini, para peserta latihan bersama Platex 2019 diharapkan bisa mengetahui cara-cara bertahan hidup di dalam hutan dengan segala keterbatasan logistik dan peralatan yang dimiliki.

Dengan dipandu Serma Mar. Dedi Rochaedi dibantu Kopda Mar. Taufik Hidayat beserta sejumlah pelatih dari Batalyon Infanteri 3 Marinir, diberikan penjelasan tentang tata cara bertahan hidup di hutan.

Marinir Indonesia Ajari Marinir Amerika Cara Bertahan Hidup


Para peserta diperkenalkan berbagai jenis tanaman hutan, yang bisa dimakan secara langsung tanpa harus dimasak terlebih dulu, dan yang tidak bisa dimakan.

Selain itu, juga dilakukan praktik cara menangkap dan memasak sejumlah binatang buas, antara lain biawak dan ular. Peserta juga diperkenalkan cara membuat jebakan, atau perangkap untuk menangkap hewan.

Marinir Indonesia Ajari Marinir Amerika Cara Bertahan Hidup


Prajurit Marinir Amerika, sangat antusias dalam mengikuti materi latihan yang diberikan prajurit andal dari Korps Marinir TNI AL tersebut.

Meski mulanya terlihat agak geli, ada beberapa prajurit Marinir Amerika, terus melakukan tekatnya untuk mencoba mencicipi sejumlah botani dan hewani yang telah dicontohkan terlebih dulu oleh prajurit Korps Marinir TNI AL, bahkan beberapa di antara mereka ada yang mencoba menangkap ular.

Marinir Indonesia Ajari Marinir Amerika Cara Bertahan Hidup


Mayor Mar. Eko Budi Prasetyo mengatakan, sebelum melaksanakan latihan jungle survival, marinir kedua negara juga mendapat materi tentang kesehatan lapangan yang disampaikan oleh Letda Laut (K) dr. Murdono.

Sementara itu, para prajurit Marinir Amerika di bawah pimpinan Kapten USMC Alfarado begitu antusias dalam materi pengenalan botani.

"Ini merupakan pengalaman baru bagi kami, selama mengikuti latihan bersama dengan negara-negara lain, baru sekarang ini kami mengetahui tata cara bertahan hidup di hutan dengan berbagai jenis tanaman hutan yang bisa dimakan secara langsung dan yang tidak bisa dimakan," kata Kapten USMC Alfarado.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2741 seconds (0.1#10.140)