Gubernur Jatim Minta JIIPE Tampung Tenaga Kerja Lokal

Kamis, 22 Agustus 2019 - 19:34 WIB
Gubernur Jatim Minta JIIPE Tampung Tenaga Kerja Lokal
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi kawasan JIIPE, Kamis (22/08/2019). Foto/SINDOnews/Ashadi Iksan
A A A
GRESIK - Keberadaan Java Industrial Integreted Port and Estate (JIIPE) diharapkan memgangkat ekonomi warga sekitar, dengan menampung tenaga kerja lokal Jatim.

Harapan agar JIIPE mampu menampung tenaga kerja lokal ini, diungkapkan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi kawasan JIIPE, Kamis (22/08/2019).

Menurutnya, JIIPE merupakan megaproyek penting. Punya luas 3.000 hektar. Untuk kawasan industri yang terintegral. "Nah, sebanyak 39,4 persen pertumbuhan ekonomi di Jatim di-support dari sektor industri," ujar Khofifah.

Selain itu, Khofifah juga berharap JIIPE bisa menekan tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Jatim. Karena tingkat kelulusan SMK maupun SMA masih banyak.

"Karena itu, lulusan dari dua sekolah itu tinggal di-match saja mengingat skill-nya masih bisa diandalkan," tegasnya lagi.

Apalagi, lanjut Khofifah, pihaknya mendengar perusahaan peleburan tembaga Freeport Indonesia yang memiliki smelter segera membangun kawasannya di JIIPE. Ada 100 hektar lahan yang sudah disiapkan.

Tentang pengelolahan limbah dalam satu kawasan industri, Khofifah menambhakan bila dirinya tidak kuatir. Sebaliknya, dalam kawasan itu malah mudah mengontrolnya.

"Tidak mungkin di satu kawasan industri terintegrasi membuang limbahnya ke laut. Malah mengontrolnya lebih mudah dan terkonsep," imbuhnya.

Sementara Dirut Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS), Bambang Soetiono menyatakan saat ini okupansi JIIPE mencapai 80 persen. Selain Freeport Indonesia juga ada beberapa investor yang menanamkan investasinya di JIIPE.

"Khusus Freeport Indonesia mereka sudah deal dan akan membangun proyeknya di lahan seluas 100 hektar. Sementara perusahaan ternama lainnya sudah penjajakan," pungkasnya.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5106 seconds (0.1#10.140)