Urban Farming PKK Kota Malang Raih KDI 2019

Jum'at, 23 Agustus 2019 - 13:13 WIB
Urban Farming PKK Kota Malang Raih KDI 2019
Wali Kota Malang Drs Sutiaji mendapat penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2019 dari Koran SINDO dan Sindonews.com. Foto/SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
PADANG - Wali Kota Malang Drs Sutiaji mendapat penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2019 dari Koran SINDO dan Sindonews.com. Inovasi urban farming berbasis PKK masuk kategori sosial dan investasi di KDI 2019.

"Kami berterima kasih kepada Koran SINDO dan Sindonews atas penghargaan yang diberikan kepada kami. Penghargaan ini akan terus memacu kami untuk menciptakan inovasi demi kesejahteraan. Malang adalah kota kreatif yang terus berinovasi demi kesejahteraan masyarakat," kata Wali Kota Malang Drs H Sutiaji seusai menerima penghargaan di Padang, Sumatera Barat, Kamis (24/8/2019).

Wali Kota Malang Sutiaji menghadiri KDI 2019 bersama istrinya, Hj Widayati Sutiaji, yang juga sebagai motor program urban farming berbasis PKK. Tujuan inovasi ini untuk menahan laju inflasi, dengan modal lahan pertanian yang sempit seiring pertumbuhan Kota Malang yang melaju begitu pesat, baik sebagai Kota Pendidikan, Kota Wisata, dan Kota Industri.

"Pengembangan urban farming berbasis masyarakat, keluarga, dan ibu rumah tangga yang tergabung di PKK, menjadi solusi untuk mengatasi banyak persoalan terkait pangan, gizi, hingga inflasi," kata Sutiaji.

Urban farming di Kota Malang lebih banyak melakukan budidaya tanaman yang bersifat produk volatile. Yaitu produk pertanian yang mempunyai nilai harga jual fluktuatif, yang artinya harga tertinggi dan terendah dari produk itu sangat tidak stabil, seperti produk sayuran daun, buah tomat, dan cabe, serta bawang merah.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang, Hj Widayati Sutiaji, menjelaskan, kesadaran untuk mengembangkan urban farming sudah tumbuh dalam kelompok-kelompok PKK. Pertanian perkotaan adalah harapan baru, utamanya bagi keluarga-keluarga di perkotaan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi harian sehingga bisa berhemat uang belanja.

"Apresiasi dan terima kasih ikut saya sampaikan atas kepercayaan yang diberikan SINDO atas penghargaan KDI kepada Wali Kota Malang atas program Urban Farming (Pertanian Perkotaan). Ini tentu menjadi penyemangat sekaligus energi tambahan bagi TP PKK kota Malang selaku penggerak dan pelaksana program Urban Farming ini," kata Widayati saat mendampingi suami menerima penghargaan KDI.

Widayati juga berterima kasih kepada semua pihak yang mendorong program pertanian perkotaan di Kota Malang berhasil.

"Tak lupa saya juga berterima kasih kepada Bank Indonesia Malang yang banyak menopang program ini sehingga dapat bergerak masive di 57 kelurahan. Pada akhirnya semoga SINDO terus konsis dalam memberikan support bagi tumbuh kembangnya inovasi daerah," kata Widayati Sutiaji.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2383 seconds (0.1#10.140)