Mulai 1 September Pesan Tiket KA Lokal Hanya Via KAI Acces

Jum'at, 23 Agustus 2019 - 13:16 WIB
Mulai 1 September Pesan Tiket KA Lokal Hanya Via KAI Acces
Mulai 1 September Pesan Tiket KA Lokal Hanya Via KAI Acces
A A A
SURABAYA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan kebijakan baru terkait layanan pemesanan atau reservasi tiket Kereta Api (KA) lokal. Mulai keberangkatan 1 September 2019, pelayanan reservasi tiket KA Lokal hanya dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access.

Penjualan tiket KA lokal di loket stasiun hanya berlaku untuk pembelian secara Go-Show atau 3 jam sebelum jadwal keberangkatan. Itupun jika tempat duduk masih tersedia. Pelayanan reservasi KA lokal melalui KAI Access dapat dilakukan mulai H-7 hingga 5 menit sebelum jadwal keberangkatan.

“Untuk wilayah Daop 8 Surabaya, total ada 46 perjalanan KA lokal atau KA Komuter PSO (subsidi) dengan kapasitas daya angkut mencapai 28.652 penumpang dalam seharinya,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto, Jum’at (23/8/2019).

Dia menambahkan, untuk melakukan reservasi tiket KA lokal via KAI Access, calon penumpang harus mengupdate aplikasi KAI Accessnya menjadi versi terbaru. Lalu masuk ke menu Local Train untuk memilih stasiun keberangkatan dan tujuan serta jadwal keberangkatan KA.

“Nantinya penumpang yang telah membeli tiket KA lokal via KAI Access, tidak perlu lagi mencetak boarding pass di stasiun, melainkan cukup menunjukkan E-Boarding Pass yang ada di aplikasi KAI Access disertai kartu identitas asli saat boarding,” jelas Suprapto.

Kebijakan ini, lanjut dia, merupakan upaya KAI untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada pengguna KA dan mengedukasi masyarakat untuk bisa lebih mengenal dengan aplikasi layanan online tiket KA.

Dengan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang dapat memesan tiket dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu ke stasiun. Penumpang juga dapat merencanakan perjalanan jauh-jauh hari, serta mendapatkan kepastian tiket tanpa perlu antre di stasiun.

Saat ini pengguna KA Komuter / KA Lokal di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, untuk kondisi weekday rata-rata antara 19.000 hingga 22.000 penumpang setiap harinya. “Sedangkan untuk kondisi weekend rata-rata penumpang mencapai antara 23.000 hingga 25.000 penumpang setiap harinya,” pungkas Suprapto.

Berikut adalah daftar nama KA Lokal atau Komuter PSO (Subsidi) di wilayah Daop 8 Surabaya:
1. KRD Ekonomi relasi Sidotopo-Porong
2. KRD Ekonomi relasi Surabaya kota-Porong (PP)
3. KRD Ekonomi Sulam relasi Surabaya Pasarturi-Lamongan (PP)
4. Jenggala relasi Mojokerto-Sidoarjo (PP)
5. Dhoho relasi Blitar-Kertosono-Surabaya Kota (PP)
6. Penataran relasi Surabaya Kota-Malang-Blitar (PP)
7. Penataran relasi Surabaya Gubeng-Blitar (PP)
8. Tumapel relasi Malang-Surabaya Kota
9. Tumapel relasi Surabaya Gubeng-Malang
10. Ekonomi Lokal relasi Sidoarjo-Surabaya Pasarturi-Bojonegoro(PP)
11. Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasarturi-Bojonegoro (PP)
12. Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasarturi-Sidoarjo (PP)
13. Ekonom Lokal relasi Surabaya Kota-Kertosono (PP)
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3272 seconds (0.1#10.140)