Telkomsel Dorong Minat Baca Masyarakat Melalui T-PERPUS

Jum'at, 23 Agustus 2019 - 16:31 WIB
Telkomsel Dorong Minat Baca Masyarakat Melalui T-PERPUS
Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini (tengah) bersama Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (kiri) saat roadshow program T-PERPUS di Surabaya.Foto/SINDONews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menggelar roadshow program T-PERPUS di 10 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Pontianak, Solo, Ambon, Cianjur, Lembang, Ternate, dan Manado. T-PERPUS dihadirkan anak usaha Telkom tersebut untuk mendukung program Gerakan Literasi Nasional (GLN).

T-PERPUS merupakan platform aplikasi perpustakaan digital Telkomsel yang berkolaborasi dengan Gramedia Digital. Di dalamnya terdapat Iebih dari 6.000 judul buku, koran, majalah dari penerbit terkemuka yang dapat diunduh secara gratis di android maupun iOS.

T-PERPUS merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel untuk meningkatkan kapasitas ilmu pengetahuan sekaligus mempersiapkan keahlian profesi generasi muda Indonesia di berbagai bidang.

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan, pihaknya terus berupaya memacu pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Salah satunya, pendidikan berbasis teknologi digital.

Melalui inovasi dan pemanfaatan teknologi, pihaknya menghadirkan platform aplikasi perpustakaan digital T-PERPUS agar dapat meningkatkan minat baca masyarakat yang saat ini tergolong rendah.

"Dengan T-PERPUS, masyarakat akan semakin mudah dalam mengakses informasi dan ilmu pengetahuan, mendorong minat baca, meningkatkan kompetensi sekaligus menjadi sarana pendidikan untuk mencerdaskan bangsa," katanya di sela roadshow program T-PERPUS di Surabaya, Jum'at (23/8/2019).

Menurutnya, sektor pendidikan menjadi hal yang fundamental dalam pembentukan generasi emas yang akan memimpin Indonesia di masa depan. Namun sebelum mencapai kejayaan di masa depan, Indonesia masih menghadapi problematika di bidang pendidikan. Rendahnya minat baca serta tidak terjangkaunya harga buku di Indonesia menjadi faktor penyebabnya.

"Untuk itu dengan adanya aplikasi T-PERPUS akan mempermudah masyarakat dalam mengakses ilmu pengetahuan. Informasi dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui device-nya,” jelas Emma.

Pada hari ini, Jum'at (23/8/2019) Telkomsel berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk menggelar kampanye literasi digital. Mengusung konsep talkshow, acara ini akan menghadirkan sejumlah pembicara yang merupakan penulis buku dan content creator. Bedah buku digital melalui aplikasi T-PERPUS juga akan dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan minat baca masyarakat di Surabaya.

Hadirnya kampanye ini di Kota Pahlawan merupakan bentuk dukungan terhadap Pemkot Surabaya dalam menjadikan kota literasi. "Kami akan terus mendorong minat baca warga Surabaya. Saat ini, literasi warga Surabaya termasuk paling tinggi di Indonesia. Itu tak lepas dari keberadaan sebanyak 1.400 perpustakaan. Memang (untuk meningkatkan literasi) harus ada proses," kata Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4373 seconds (0.1#10.140)