Update KM Santika Nusantara Terbakar, 139 Selamat 23 Masih Hilang

Jum'at, 23 Agustus 2019 - 17:30 WIB
Update KM Santika Nusantara Terbakar, 139 Selamat 23 Masih Hilang
Proses evakuasi penumpang KM Santika Nusantara yang terbakar di perairan Masalembu, Sumenep.Foto/ist
A A A
SUMENEP - Proses pencarian dan evakuasi penumpang Kapal Motor (KM) Santika Nusantara terus dilakukan. Korban yang berhasil dievakuasi adalah 139 orang dalam kondisi selamat. Sedangkan 23 penumpang belum ditemukan.

Adapun korban selamat diangkut ke Masalembu 50 orang, tiga di antaranya dirawat di Puskesmas Masalembu. Sedangkan 89 orang diangkut ke Surabaya menggunakan KM Spil Citra 23 orang dan KM Dharma Fery 7 sebanyak 66 orang, termasuk 1 anak dan 1 bayi.

Kasat Reskrim Polres Sumenep AKP Tego S Marwoto mengatakan, penanganan kejadian ini menjadi ranah Ditpolair Polda Jatim. "Semoga para penumpang yang masih belum diketahui nasibnya segera ditemukan dan bisa dievakuasi," kata Tego saat dihubungi sindonews, Jumat (23/8/2019) sore.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Sumenep, Abdul Rahman Riadi menduga, sejumlah penumpang yang masih dalam pencarian itu berada di dalam kapal atau bahkan terjun ke laut. Saat ini, evakuasi terkendala ombak laut yang tinggi dan angin kencang.

”Kami bersama tim relawan akan terus melakukan pencarian dengan menyisir perairan Masalembu untuk mencari penumpang yang memang sudah menceburkan diri ke laut,” katanya, Jum’at (23/8/2019).

Dia menambahkan, saat ini pihaknya bersama Muspika setempat mencoba melakukan evakuasi. Baik yang ada di kapal maupun karena panik menceburkan diri ke laut.

Kebakaran yang terjadi di kapal tersebut juga sudah padam dan sedang lego jangkar di 8 mil dari pantai Masalembu. “Kondisi penumpang yang sudah dievakuasi cukup baik. Hanya tiga yang dirawat karena luka ringan. Mereka dirawat di Puskesmas Masalembu,” katanya.

Diketahui, KM Santika Nusantara mengangkut sebanyak 111 orang penumpang, dilaporkan terbakar di perairan Masalembu, Kamis (22/8/2019) malam.

Menurut laporan SAR Mission Coordinator (SMC), Prasetya Budiarto, dari 111 orang yang ada di manifest, sebanyak 81 orang di antaranya sudah melompat menggunakan pelampung. Selain itu juga ada bantuan dari kapal-kapal terdekat yang sedang melintas.

KM Santika Nusantara yang mengalami kebakaran tersebut, sedang melayani perlayaran untuk rute Surabaya-Balikpapan. Selain 111 orang penumpang dan anak buah kapal (ABK), di dalam kapal juga terdapat 84 kendaraan berbagai jenis.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2549 seconds (0.1#10.140)