alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Penangkapan 3 Terduga Teroris, Ansor: Blitar Menjadi Transit

Solichan Arif
Penangkapan 3 Terduga Teroris, Ansor: Blitar Menjadi Transit

BLITAR - Penangkapan terduga teroris di Blitar bukan pertama kalinya. Ketua GP Ansor NU Kota Blitar Hartono mengaku terkejut sekaligus merasa kecolongan. Sebab selama ini Ansor-Banser tingkat ranting (desa/kelurahan) dan PAC (Kecamatan) turut aktif mengawasi orang orang yang dianggap mencurigakan.

"Ya ini bisa dikatakan kecolongan. Banyak warga yang kaget juga, tidak menyangka," ujar Hartono kepada Sindonews.com Sabtu (24/8/2019). Ketiga orang terduga teroris itu ditangkap di tempat tinggal masing masing. Terduga berinisial S, warga Desa/Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

Kemudian KJC, warga Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar yang diamankan di depan rumahnya, dan JPS warga Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Penangkapan ketiga orang ini diduga pengembangan dari penangkapan terduga sekeluarga sebelumnya di Kabupaten Lamongan.



Seperti penangkapan yang pernah terjadi sebelumnya, menurut Hartono, wilayah Blitar diduga hanya menjadi transit atau persinggahan. Bukan sebagai tempat sasaran aksi. Meski ada juga yang berstatus warga pendatang, keberadaan mereka di Blitar, kata Hartono dalam rangka pulang kampung.

"Blitar diduga hanya menjadi tempat transit, "ungkap Hartono. Pemilihan Blitar sebagai tempat transit juga tidak asal asalan. Diduga, kata Hartono mereka mempertimbangkan karakter dan budaya masyarakat Blitar yang toleran dan terbuka. Warga Blitar tidak akan mempersoalkan selama di masyarakat terlihat baik dan tidak meresahkan.

Ini terlihat dari informasi yang beredar di masyarakat. Selama ini yang bersangkutan selalu tampak baik dan tidak melakukan kegiatan yang mencurigakan. Terutama di lingkungan dimana dia berada. "Persoalannya warga tidak tahu dengan aktifitas mereka di luar Blitar. Tahunya selama ini terlihat baik baik. Ini yang membuat kita kecolongan," paparnya.

Dengan kejadian ini, Ansor-Banser akan meningkatkan kewaspadaan. Terutama dalam hal pengawasan hal hal mencurigakan di lingkungan masing masing. "Kalau ada yang mencurigakan, teman teman di ranting dan PAC akan langsung menginformasikan ke cabang dan cabang akan melanjutkan ke kepolisian," tambah Hartono.

Sementara itu, tiga orang terduga teroris yang sempat diperiksa di mapolres Blitar itu langsung dibawa ke Mako Brimob Polda Jatim.

Menurut Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, penangkapan ini merupakan rangkaian dari penyelidikan yang dilakukan Densus sebelumnya. "Pada pukul 20.40 Wib, Tim Densus 88 bersama Polres Blitar melakukan penggeledahan di rumah terduga teroris," ujar Barung Jumat malam (23/8).



(msd)

loading...