alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Perangi Narkoba, Polres dan BNN Tebing Tinggi Garap Kelurahan

Yuswantoro
Perangi Narkoba, Polres dan BNN Tebing Tinggi Garap Kelurahan
Kapolres Tebing Tinggi, AKBP Sunadi saat mencanangkan Kelurahan Lalang Bersih Narkoba 2019, di halaman kantor Kelurahan Lalang. Foto/Ist.

TEBING TINGGI - Perang terhadap peredaran dan penyelahgunaan narkoba, terus dilakukan Polres Tebing Tinggi. Kini gerakan melawan narkoba itu dilakukan mulai tingkat kelurahan.

(Baca juga: Tebing Tinggi Darurat Narkoba, Jalur Peredaran Ganja Antar Kota)

Upaya memberantas peredaran narkoba tersebut, salah satunya dilakukan dengan membuat gerakan kelurahan bersih narkoba. Salah satunya dilaksanakan di Kelurahan Lalang, Kecamatan Rambutan, Kota Tebing Tinggi.



Gerakan memberantas narkoba dari kelurahan ini, mendapatkan sambutan positif dari Camat Rambutan, M. Hasbie Ashshiddiqi. "Kelurahan Lalang, ditargetkan menjadi wilayah bersih narkoba," tegasnya.

Dia juga menyebutkan, sudah sering melakukan langkah prefentif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba, dengan rutin menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba, dan membangun kesadaran untuk melakukan gerakan anti narkoba.

"Para pegawai di lingkungan kecamatan dan kelurahan juga sudah menjalani tes narkoba, dan hasilnya semua negatif. Semoga ini terus bisa dipertahankan, untuk memberi contoh kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara menurut Kabid P2M BNN Provinsi Sumatera Utara, Harianja sangat berterimakasih kepada warga Kota Tebing Tinggi, yang terus membangun semangat untuk membantu pemerintah memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

"Kasus narkoba sangat memprihatinkan. Penggunanya menyebar di semua kalangan dan usia. Bahkan, Sumatera Utara, menjadi wilayah tertinggi kedua dalam penggunaan narkoba di Indonesia," tuturnya.

Persoalan penyalahgunaan dan peredaran narkoba, menurutnya tidak hanya bisa dituntaskan melalui jerat hukum pidana, tetapi juga harus ada peran masyarakat dalam menerapkan sanksi sosial dan pencegahan.

"Saat ini sudah ada 22 desa dan kelurahan yang menjadi daerah bersih narkoba. Tentunya, mari kita kembangkan lagi di lingkungan sekitar kita, dengan membangun kesadaran di masyarakat agar berani melawan peredaran dan penyalahgunaan narkoba," tegasnya.

Kapolres Tebing Tinggi, AKBP Sunadi menegaskan, akan memberikan dukungan penuh dalam program Bersinar di Kota Tebing Tinggi, yang salah satunya membangun masyarakat untuk tidak tercemar penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

"Upaya penindakan hukum akan terus kami lakukan secara tegas, agar pergerakan para pengedar narkoba di Tebing Tinggi, bisa ditekan. Kalau bukan sekarang kapan lagi, kita selamatkan generasi bangsa ini dari bahaya narkoba," tegasnya.

Gerakan membangun kesadaran masyarakat untuk melawan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di tingkat kelurahan ini, juga mendapatkan dukungan dari Wali Kota Tebing Tinggi, Umar Zunaidi Hasibuan.

"Mari kita bangun kesadaran tentang bahaya narkoba ini dari lingkungan keluarga masing-masing. Kita harus saling mejaga, untuk mencegah narkoba masuk di lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar rumah. Saya yakin, kalau kita bersama-sama pasti mampu memberantas narkoba," pungkasnya.



(eyt)

loading...