Dubes Inggris Disambut Anak-anak yang Pernah Belajar di Liverpool

Selasa, 27 Agustus 2019 - 16:59 WIB
Dubes Inggris Disambut Anak-anak yang Pernah Belajar di Liverpool
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins datang ke Kota Surabaya, dan bertemu dengan anak-anak yang pernah belajar ke Liverpool. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Duta Besar (Dubes) Inggris, untuk Indonesia, dan Timor Leste, Owen Jenkins langsung disambut anak-anak Kota Surabaya, yang sempat belajar ke Liverpool.

Kehadiran dubes baru ini ke Kota Pahlawan, dalam rangka melakukan kunjungan kerja, Selasa (27/8/2019). Owen langsung diajak masuk ke Balai Kota Surabaya, sebelum berdiskusi banyak hal tentang sister city antara Kota Surabaya, dengan Liverpool.

Ia menuturkan, kunjungan pertamanya di luar Jakarta, langsung menuju Kota Surabaya, setelah resmi dilantik jadi Dubes. Ia pun mengaku senang dengan kunjungan pertamanya itu.

"Saya pikir hubungan Kota Surabaya, dan Jawa Timur, dengan negara kami sudah terjalin sangat kuat dan sangat potensial untuk melakukan sesuatu yang lebih," kata Owen.

Kunjungan ini berhubungan dengan sister city yang terjalin antara Kota Surabaya, dan Liverpool. Baik itu edukasi, infrastruktur, dan anak-anak luar biasa yang sudah tampil saat penyambutannya.

"Satu-satunya masalah dari hubungan ini (Surabaya dan Kedubes Inggris) adalah tim sepak bola jagoan saya itu Arsenal. Dan Arsenal kalah dari Liverpool 3-1. Jadi saya sebenarnya merasa tidak seberapa enak dengan Liverpool kali ini. Tapi Surabaya, punya hubungan yang kuat dengan Liverpool," katanya sambil tersenyum.

Ia juga menambahkan, ke depan pihaknya ingin menjalin hubungan yang lebih kuat dengan Indonesia, terutama dengan Surabaya. Sebab, Surabaya sangat konsen dalam keberlangsungan lingkungannya.

"Surabaya ini memiliki reputasi yang sangat tinggi dalam hal lingkungan. Karenanya, ke depan mungkin bisa saling bekerjasama dalam bidang infrastruktur, transportasi umum, pendidikan dan beberapa bidang lain," jelasnya.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menjelaskan, Owen yang menggantikan Moazzam Malik itu hanya ingin bertemu dengan anak-anak Surabaya yang pernah menempuh pendidikan di Liverpool.

"Tidak ada yang special tadi, hanya beliau kan baru menggantikan Pak Moazzam. Dia juga ingin bertemu dengan anak-anak juga, makanya kami datangkan semuanya," ucapnya.

Seusai bertemu Risma, Dubes Inggris dan jajarannya ini langsung bertemu dengan anak-anak yang sudah pernah mengenyam pendidikan di Liverpool berkat adanya sister city. Setidaknya, sudah dua tahap mengirimkan anak-anak Surabaya untuk belajar di Liverpool.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7315 seconds (0.1#10.140)