Pemkot Blitar Suntik Dana Rp9 Miliar untuk Dua BUMD

Rabu, 14 Agustus 2019 - 14:04 WIB
Pemkot Blitar Suntik Dana Rp9 Miliar untuk Dua BUMD
Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Blitar, Santoso. Foto/Ist.
A A A
BLITAR - Kabar baik bagi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Blitar. Pemkot Blitar menganggarkan Rp9 miliar untuk penambahan penyertaan modal di dua BUMD tersebut.

Dua BUMD Kota Blitar, yang mendapatkan suntikan dana adalah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Arta Praja, dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar, Totok Sugiarto mengatakan, dana sekitar Rp9 milyar masuk dalam Perubahan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (P-APBD) tahun 2019, yang sudah mendapat persetujuan bersama antara eksekutif dan legislatif.

"Iya, sebagian dari Perubahan APBD Kota Blitar ini untuk BUMD. Sehingga dalam waktu dekat sudah bisa direalisasikan," kata Totok, Rabu (14/8/2019).

Totok menambahkan, dari sejumlah dana itu Rp1,5 milyar digunakan untuk kecukupan modal dan penataan program managemen kelembagaan, sebagai pendampingan bantuan world bank sekitar Rp30 milyar untuk PDAM.

Sedangkan yang Rp. 7,5 milyar untuk BPR Arta Praja yang digunakan untuk penyertaan modal, penataan dan penyiapan kelembagaan.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan, dana untuk BUMD ini memang sudah dibahas dalam Perubahan APBD tahun anggaran 2019.

"Diharapkan secepatnya bisa direalisasikan, karena waktu penggunaan anggaran tidak lama hingga akhir tahun 2019 ini," ujarnya.

Dengan alokasi dana yang disiapkan ini, diharapkan dapat membantu kelancaran kelembagaan BUMD, sehingga bisa lebih maksimal lagi dalam memberikan pelayanan.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.6227 seconds (0.1#10.140)