Peserta Lomba Gerak Jalan Pelajar di Pasuruan Pingsan Massal

Rabu, 28 Agustus 2019 - 07:19 WIB
Peserta Lomba Gerak Jalan Pelajar di Pasuruan Pingsan Massal
Seorang pelajar korban pingsan ditandu untuk dibawa ambulans ke rumah sakit. Foto: Jaka Samudra/iNews TV
A A A
PASURUAN - Peserta Lomba gerak jalan tingkat SMP dan SMA se Kota Pasuruan, Jawa Timur, mengalami pingsan massal setelah menempuh jarak sejauh 7 kilometer (km).

Salah satu penyebab pingsan massal diduga karena peserta kekurangan cairan setelah mengikuti perlombaan dalam perayaan HUT ke-74 RI yang digelar Selasa (28/8/2019). Seluruh korban dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk menjalani perawatan.

Pingsan massal ini terjadi saat finish di GOR Untung Suropati, Jalan Sultan Agung, setelah mengikuti lomba gerak jalan memutari Kota Pasuruan, Selasa petang. Satu persatu peserta yang pingsan langsung dievakuasi ke dalam mobil ambulans untuk dilarikan ke rumah sakit.

Korban yang mengalami pingsan kebanyakan pelajar putri dari SMA negeri dan swasta. Mereka rata-rata mengaalami pusing dan mata berkunang-kunang seusai mengikuti lomba gerak jalan. Selain itu, ada beberapa peserta sempat kejang-kejang dan kaki kram akibat kecapekan.

“Banyak yang pingsan karena kecapekan, jaraknya terlalu jauh,” ujar Aminah, seorang peserta.

Tim medis dari PMI dan puskesmas setempat sampai kewalahan memberikan pertolongan pertama agar kondsi korban tidak bertambah parah. Sebab jumlah korban pingsan terus bertambah banyak dalam hitungan menit.

Tim medis menduga peserta gerak jalan pingsan disebabkan kondisnya kurang sehat dan dipaksakan untuk mengikuti lomba. “Ada 56 orang yang pingsan. Mereka rata-rata pingsan karena kurang cairan, dan ada yang kram dan sebagainya. Cuaca sih sebenarnya tidak terlalu panas,” kata Petugas PMI Halimatus Sakdiyah.

Menurut dia, petugas sempat berusaha memberikan pertolongan pertama di lokasi. Namun karena kondisi para korban pingsan semakin parah, petugas langsung membawanya ke RSUD Dokter R Soedarsono dam sebagian ke rumah sakit swasta terdekat.

Lomba gerak jalan tingkat SMP dan SMA ini start dan finish di GOR Untung Suropati dengan rute mengelilingi Kota Pasuruan berjarak tempuh sejauh 7 km. Saat start, kegiatan gerak jalan masih sebenarnya berjalan lancar. Namun setelah tiba di garis finish, peserta langsung berjatuhan dan ada yang sampai tak sadarkan diri.

Meski tak ada korban jiwa, kejadian ini menyita perhatian warga sekitar yang berada di lokasi. Warga langsung memberikan pertolongan, karena merasa tak tega dengan kondisi anak didik yang wajahnya terlihat pucat.
(nth)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7508 seconds (0.1#10.140)