Umi Salma Tega Embat Mobil Keponakan Sendiri, Digadai Rp100 Juta

Rabu, 28 Agustus 2019 - 15:57 WIB
Umi Salma Tega Embat Mobil Keponakan Sendiri, Digadai Rp100 Juta
Korban penipuan Umi Salma, Nurkolis (26) mendatangi Polres Lumajang, dan bertemu dengan Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban, serta para tersangka. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Tersangka kasus penipuan investasi bodong, berkedok CV Permata Bunda, Umi Salma (51) ternyata juga tega menilep mobil keponakannya sendiri senilai Rp100 juta.

Nurkolis (26) warga Desa Sentul. Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, adalah anak dari adik kandung Umi Salma. Dirinya menjual satu unit mobil swift miliknya, dan menyerahkan uang sejumlah Rp100 juta untuk dipinjamkan kepada Umi Salma.

Menurut keterangan korban, Umi Salma datang ke rumahnya dengan memelas agar mendapat pinjaman uang dari korban. Merasa kasihan, korban akhirnya memberikan hartanya kepada Umi Salma.

Janji-janji manis Umi Salma pun mulai dilontarkan, korban dijanjikan sebidang tanah sengon atas nama Umi Salma sebagai jaminan hutangnya kepada korban.

Jangankan berharap uangnya kembali, tanah yang dijaminkan kepada korban yang katanya milik Umi Salma, ternyata sudah disita Bank Mandiri karena digunakan sebagai jaminan pinjaman sebesar Rp200 juta.

Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban mengungkapkan, dalam kasus penipuan ini, Umi Salma tidak pandang bulu kepada siapa korban yang akan ditipu. Buktinya, saudaranya sendiri yakni anak dari adik kandungnya juga ditipu.

"Korban mengaku sebelumnya Umi Salma datang dengan memelas meminjam uang, dan selanjutnya menjanjikan sebidang tanah sebagai jaminan. Korban hanya diberikan fotocopy sertifikat tanah, sedangkan sertifikat aslinya sudah di agunkan ke bank," pungkas Arsal.

Kasatreskrim Polres Lumajang, AKP Hasran Cobra mengatakan, dirinya akan terus mendalami kasus tersebut. Sejauh ini, posko pengaduan yang telah dibuka, banyak mendapat laporan terkait korban-korban penipuan Umi Salma.

"Tim Cobra akan secepat mungkin mengurai benang merah dari permasalahan ini, dan dikemanakan uang-uang yang mencapai puluhan miliar milik para korban penipuan Umi Salma berada," Hasran.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.1075 seconds (0.1#10.140)