Kabur Saat Ditangkap, Mat Kinik Tersungkur Ditembak Tim Cobra

Jum'at, 30 Agustus 2019 - 08:22 WIB
Kabur Saat Ditangkap, Mat Kinik Tersungkur Ditembak Tim Cobra
Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal memeriksa tersangka Mat Kinik (31) yang berhasil dilumpuhkan Tim Cobra Polres Lumajang, karena mencuri sepeda motor. Foto/Ist.
A A A
LUMAJANG - Tim Cobra Polsek Ranuyoso Polres Lumajang, menangkap dan mengungkap kasus pencurian sepeda motor di Desa Wonoayu, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang.

Sepeda motor Yamaha Vega R warna biru-silver hilang dicuri pelaku. Sebelumnya oleh pemiliknya, Syamsudin (27) warga Desa Wonoayu, Kecamatan Ranuyoso, sepeda motor itu diparkir di depan rumah.

Setelah ditelusuri oleh Tim Cobra, ternyata sepeda motor tersebut dicuri oleh seseorang bernama Mat Kinik (31) warga Desa Jenggrong, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang.

Tim Cobra pun langsung mendatangi rumah tersangka untuk menangkapnya. Namun, upaya paksa tersebut tidak berjalan mulus, karena pelaku berusaha melarikan diri. Tim Cobra harus mengeluarkan tembakan, untuk melumpuhkan Mat Kinik.

Pria kurus itu, akhirnya tersungkur ke tanah setelah dua tembakan bersarang tepat dikakinya. Sebelumnya, anggota Tim Cobra telah mengeluarkan tiga kali tembakan peringatan, namun tidak diindahkan oleh pelaku.

Saat diintrogasi, Mat Kinik mengaku tidak hanya sendiri dalam melakukan aksinya tersebut. Yakni dibantu dua temannya, Kin, dan Suli. Keduanya adalah warga Desa Jenggrong, Kecamatan Ranuyoso.

Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban mengatakan, bahwa tidak hanya spesialis pencurian, pelaku juga sempat beberapa kali melakukan begal di sejumlah tempat.

"Setelah kami lakukan penyelidikan secara mendalam, ternyata pelaku ini sudah pernah melakukan tindakan kriminal di 14 tempat kejadian perkara (TKP). Selain melakukan pencurian sepeda motor, dia juga dua kali melakukan aksi begal, yakni di Kecamatan Sukodono, dan Kecamatan Padang," ungkap Arsal.

Kapolsek Ranuyoso, Iptu Ari Hartono yang juga memimpin penggrebekan tersebut mengatakan, bahwa timnya terpaksa memberikan hadiah timah panas lantaran pelaku berusaha melawan sekaligus melarikan diri setelah melihat ada Tim Cobra.

"Sebenarnya kami datang dengan baik-baik, namun ternyata pelaku malah mencoba melawan dan juga kabur setelah melihat kedatangan dari Tim Cobra. Kami harus memberi efek jera kepada pelaku, setelah dia tidak menggubris tembakan peringatan," ujarnya.

Ini daftar 14 TKP aksi kejahatan yang dilakukan komplotan Mat Kinik:
1. 3 TKP di Desa Wonoayu Kecamatan Ranuyoso
2. 2 TKP di Desa Wates Kulon Kecamatan Ranuyoso
3. 1 TKP di Desa Penawungan Kecamatan Ranuyoso
4. 1 TKP di Desa Wates Wetan Kecamatan Ranuyoso
5. 3 TKP di Kecamatan Kedung Jajang
6. 1 TKP di Kecamatan Gucialit
7. 1 TKP di Kecamatan Sukodono (begal)
8. 1 TKP di Kecamatan Padang (begal)
9. 1 TKP di Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1025 seconds (0.1#10.140)