Mulai Hari Ini Tiket Diskon Bisa Dibeli Online via KAI Access

Minggu, 01 September 2019 - 09:30 WIB
Mulai Hari Ini Tiket Diskon Bisa Dibeli Online via KAI Access
ilustrasi
A A A
SURABAYA - Untuk memudahkan penumpang yang berhak mendapatkan tiket kereta api dengan tarif reduksi (tarif berdiscount), PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan fitur baru pada aplikasi online, KAI Access. Pelayanan tiket dengan tarif reduksi (discount) dapat dilakukan via aplikasi KAI Access untuk perjalanan KA mulai 1 September 2019.

"Layanan ini kami berikan untuk memudahkan para calon penumpang yang Ingin mendapatkan tiket dengan tarif reduksi, sekaligus guna lebih memasyarakatkan layanan tiket online khususnya aplikasi KAI Access. Sehingga pada akhirnya, tidak ada lagi antrian di loket stasiun," ujar Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Minggu (1/9/2019).

Melalui layanan ini penumpang seperti lansia, TNI/Polri, veteran, dan wartawan tidak perlu repot-repot antre di loket untuk membeli tiket dengan tarif reduksi. Tata cara untuk mendapatkan layanan pembelian tiket dengan tarif reduksi di KAI Access, penumpang harus melakukan update KAI Access menjadi versi terbaru.

Pilih jadwal kereta dan masukkan data penumpang. Pastikan Nomor Identitas sesuai dengan data yang telah didaftarkan (registrasi). Jika sudah terdaftar, muncul tombol cek reduksi. Klik dan pilih reduksi yang digunakan. Jika sudah, maka akan mendapat potongan harga tiket sesuai dengan hak reduksi. Saat hari keberangkatan, tunjukkan identitas asli sesuai dengan hak reduksi kepada petugas boarding.

Suprapto menegaskan, tidak benar, informasi yang beredar terkait pembatasan waktu registrasi tarif reduksi. Registrasi tarif reduksi dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan jam operasional masing-masing stasiun.

"Penumpang tidak perlu terburu-buru melakukan registrasi, karena KAI tidak menerapkan batas waktu untuk registrasi tarif reduksi. Kami harap masyarakat waspada akan informasi yang mengatasnamakan KAI", ujar Suprapto.

Fitur pembelian tiket dengan tarif reduksi di KAI Access ini, lanjut dia, melanjutkan inovasi yang sebelumnya telah diluncurkan seperti e-boarding pass, pembatalan tiket, perubahan jadwal, serta pembelian tiket KA Lokal.

"Berbagai inovasi terus KAI berikan sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada para pelanggan. Cukup buka aplikasi KAI Access dan nikmati seluruh kemudahannya," tutup Suprapto.

Daftar Penumpang Tarif Reduksi yang memerlukan Registrasi :

1. Penumpang Lanjut Usia
a. Mendaftarkan Kartu Identitas
b. Minimal 60 Tahun saat tanggal keberangkatan
c. Besaran Reduksi 20 persen (Semua kelas setiap hari).

2. Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia
a. Mendaftarkan Kartu Angota LVRI
b. Besaran Reduksi (Semua kelas setiap hari):
i. Jumat-Senin: 30 persen
ii. Selasa-Kamis: 50 persen

3. Anggota TNI Aktif/Siswa Pendidikan TNI
a. Mendaftarkan Kartu Anggota TNI
b. Mendaftarkan Kartu Tanda Siswa/ Surat Keterangan Siswa Pendidikan TNI
c. Besaran Reduksi (Setiap Hari):
i. Eksekutif: 25 persen
ii. Bisnis dan Ekonomi: 50 persen

4. Anggota Polri Aktif/Siswa Pendidikan Polri
a. Mendaftarkan Kartu Anggota Polri
b. Mendaftarkan Kartu Tanda Siswa/ Surat Keterangan Siswa Pendidikan Polri
c. Besaran Reduksi (Setiap Hari):
i. Eksekutif: 25 persen
ii. Bisnis dan Ekonomi: 50 persen

5. Wartawan
a. Mendaftarkan Surat Tugas Peliputan
b. Besaran Reduksi: Bisnis dan Ekonomi: 20 persen (Setiap Hari)
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3384 seconds (0.1#10.140)