Cantik, Tegas, dan Berani, Inilah Polwan Anggota Tim Cobra

Senin, 02 September 2019 - 12:20 WIB
Cantik, Tegas, dan Berani, Inilah Polwan Anggota Tim Cobra
Latihan keras dilakoni anggota Polwan yang tergabung dalam Tim Cobra Polres Lumajang, untuk meningkatkan kemampuan mereka menjaga keamanan masyarakat. Foto/Ist.
A A A
LUMAJANG - Tim Cobra Polres Lumajang, tidak saja dihuni oleh polisi laki-laki, tetapi juga polisi wanita (Polwan) yang cantik, namun memiliki ketegasan dan keberanian.

(Baca juga: Polwan Anggota Tim Cobra, Tak Kalah Tangguh Dari Polisi Pria )

Para pelaku kejahatan jangan main-main dengan mengganggu keamanan masyarakat, karena bisa "tersengat" garangnya para Polwan yang bertugas di Tim Cobra Polres Lumajang.

Srikandi-srikandi dari berbagai satuan yang ada di Polres Lumajang tersebut, memiliki ketangguhan dalam melakukan upaya penegakan hukum.

Salah satunya adalah Elverdha Oviany Megananda. Polwan cantik berpangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) kelahiran Kediri, 27 Juni 1997 tersebut, sudah sering kali menjebloskan pelaku kejahatan ke dalam kurungan penjara.

Lahir dari buah pernikahan pasangan Endro Cahyono, dan Sri Andayani, Polwan yang akrab disapa Nanda ini, sejak kecil memang sudah bercita-cita menjadi seorang anggota Polri.

Cantik, Tegas, dan Berani, Inilah Polwan Anggota Tim Cobra


Sejak di bangku SMP, dirinya memang aktif menjadi atlet volly untuk sekolahannya. Berbagai gelar juara dalam pertandingan volly antar sekolahpun, mampu dipersembahkan melalui kerja kerasnya.

Seusai lulus SMA, Nanda melanjutkan cita-citanya di masa kecil dengan masuk ke dalam Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Metro Jaya. Setelah dilantik menjadi anggota Polri pada tahun 2016, ia langsung ditugaskan di Polres Lumajang.

Berbagai pencapaian telah ia raih dalam masa berdinasnya kurang lebih tiga tahun terakhir ini. Bersama Satuan Reserse Narkoba Polres Lumajang, ia berhasil menangkap tiga orang pelaku pengedar pil koplo dengan barang bukti sebanyak 27.000 butir pil.

Bahkan yang terbaru, Nanda menjadi garda terdepan dalam penggrebekan sebuah rumah kontrakan di Kampung Baru, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang.

Saat itu, dirinya bersama Tim Cobra Polres Lumajang, berhasil mengamankan shabu seberat 77.7 gram. Ini merupakan tangkapan terbesar dalam sejarah Polres Lumajang, dengan total barang bukti senilai Rp150 juta.

Dalam kancah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lumajang 2018, Nanda juga mendapat amanah menjadi pengawal pribadi calon wakil bupati.

Cantik, Tegas, dan Berani, Inilah Polwan Anggota Tim Cobra


Nanda mengatakan, sebuah kehormatan bagi dirinya bisa tergabung dalam Tim Cobra Polres Lumajang. "Saya bangga menjadi bagian dari tim ini. Meskipun menjadi minoritas dalam tim, sebagai wanita saya tidak canggung mengikuti segala operasi yang dilakukan. Selain itu, juga sebuah kebangaan tersendiri bagi saya saat melihat masyarakat bahagia karena wilayahnya aman dari kejahatan," tegasnya.

Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban mengatakan, sangat bangga memiliki anggota perempuan dalam Tim Cobra Polres Lumajang. "Tim Cobra adalah tim elit yang saya buat untuk mengatasi kriminalitas, dan juga permasalahan sosial di Kabupaten Lumajang," tuturnya.

Anggota Tim Cobra Polres Lumajang, merupakan gabungan dari berbagai satuan yang ada di Polres Lumajang, seperti Satreskrim, Satreskoba, dan Sabhara.

"Tidak hanya lelaki, ada juga Polwan di dalamnya, dan salah satunya adalah Nanda, perwakilan dari Satreskoba. Dia adalah implementasi masa kini perjuangan RA Kartini, yang dulu memperjuangkan kesetaraan antara laki laki dan perempuan," ungkap Arsal.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2218 seconds (0.1#10.140)