Ini Flashmob Persembahan UMM Menyambut Muktamar Muhammadiyah

Senin, 02 September 2019 - 19:23 WIB
Ini Flashmob Persembahan UMM Menyambut Muktamar Muhammadiyah
Mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), melakukan flashmob yang sangat indah. Foto/Ist.
A A A
MALANG - Acara Pengenalan Mahasiswa Baru (Pesmaba) Universitas Muhamadiyah Malang (UMM) senantiasa diwarnai kejutan. Yakni dengan menampilkan flashmob yang berbeda.

Konsep flashmob Pesmaba seakan tidak dapat lepas dari tangan kreatif dari salah satu dosen program studi Ilmu Komunikasi, Jamroji. Dia sudah lima kali memprakarsai ide flashmob yang selalu berakhir viral.

Flashmob tahun ini memiliki berkonsep formasi antara lain logo Muktamar Muhammadiyah ke-48, logo HUT Ke-74 RI dengan tema; SDM Unggul Indonesia Maju, dan formasi dari sketsa Gedung Kuliah Bersama (GKB) 1 UMM.

Secara khusus, flashmob ini dipersembahkan untuk menyambut perhelatan akbar 5 tahunan Muktamar Muhammadiyah ke-48. Mukmatar dihelat di Kota Solo 1-5 Juli 2020. Kegiatan dipusatkan di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Konseptor yang juga inisiator Kampung Warna-warni Jodipan ini ingin flashmob ini menjadi trendsetter pertama yang membuat formasi logo Muktamar Muhammadiyah ke-48, disusul dengan ucapan ulang tahun Republik Indonesia yang ke-74.

Waktu persiapan yang hanya seminggu, flashmob yang biasanya monoton dengan hanya berpatok dengan komando perintah, flashmob tahun ini memiliki komando yang berbeda dan mampu mengharmonisasikan 7000an mahasiswa.

Dengan diiringi mars Muhamadiyah yakni; Sang Surya dan lagu UMM Terus Maju yang dikomposeri oleh Ki Sapani Anom Carito, seniman dalang Dwijowirano UMM, setiap lirik dari lagu tersebut menentukan gerakan formasi yang ditampilkan.

Flashmob yang diusung UMM berbeda dengan papermob yang identik dengan meninggalkan bekas sampah. UMM berkomitmen untuk menggunakan properti yang menempel di badan sehingga ramah lingkungan dan peduli tentang sampah.

"Ekspektasi masyarakat semakin lama semakin tinggi, semakin bagus dan semakin rumit, oleh sebab itu UMM ingin menjadi trendsetter bagi kampus lain dan selalu mencoba menampilkan hal-hal berbeda setiap tahunnya," tandasnya.

(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9766 seconds (0.1#10.140)